Kompas TV nasional hukum

Ricky Rizal: Sumpah Saya Tidak Melihat Ferdy Sambo Menembak Yosua

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 06:00 WIB
ricky-rizal-sumpah-saya-tidak-melihat-ferdy-sambo-menembak-yosua
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ricky Rizal, di PN Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa Ricky Rizal menyatakan bersumpah dirinya tidak melihat Ferdy Sambo menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Diketahui, Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Ketika Bharada E Emosi Jawab Pengacara Ferdy Sambo: Bapak Kira Gampang Mengingat Kembali Kejadian

"Saya tidak melihat Pak FS (Ferdy Sambo) menembak Yosua. Sumpah saya, Pak," kata Ricky ketika menyampaikan kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2022).

Ricky mengaku hanya melihat Ferdy Sambo menembak ke arah dinding rumah dinasnya. Lalu, ketika ditanya tepatnya ke arah dinding sebelah mana, Ricky menjawab tidak memperhatikan.

Selain menyatakan tak melihat mantan atasannya menembak Brigadir J, Ricky Rizal juga mengatakan tidak melihat Ferdy Sambo membawa senjata.

Termasuk, Ricky Rizal mengaku juga tak melihat Ferdy Sambo memakai sarung tangan, sebagaimana kesaksian yang disampaikan oleh Richard Eliezer.

Baca Juga: Sebelum Brigadir J Dieksekusi Mati, Putri Candrawathi Disebut Masuk Kamarnya Diantar Kuat Maruf

"Dari awal juga sudah saya sampaikan di testimoni saya, saya tidak melihat kalau (Ferdy Sambo) pakai sarung tangan," tutur Ricky.

Lebih lanjut, Ricky mengakui bahwa keterangannya di dalam berita acara pemeriksaan (BAP) memang sempat berubah.

Semula, ia mengatakan melihat Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan warna hitam, namun keterangannya berubah menjadi tidak menggunakan sarung tangan.

Ricky menjelaskan, berubahnya keterangan awal mengenai penggunaan sarung tangan oleh Ferdy Sambo tersebut karena dirinya merasa tidak yakin.

Baca Juga: Ferdy Sambo: Saya akan Tanggung Jawab Kalau Perintah Hajar Diterjemahkan Tembak oleh Bharada E



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x