Kompas TV nasional peristiwa

Pemberian Pangkat Letnan Kolonel ke Deddy Corbuzier Dinilai Tak Relevan, Kemhan Disebut Mengada-ada

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 19:57 WIB
pemberian-pangkat-letnan-kolonel-ke-deddy-corbuzier-dinilai-tak-relevan-kemhan-disebut-mengada-ada
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat kepada Deddy Corbuzier. (Sumber: Instagram)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat yang diberikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kepada pesohor Deddy Corbuzier disebut mengada-ada.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, penyematan pangkat letnan kolonel kepada Deddy tak ada relevansinya sama sekali.

Dia menilai Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengada-ada karena mengangkat Deddy sebagai duta komponen cadangan dan memberikan tugas promosi di media sosial.

"Tanpa harus menyandang pangkat tituler, dia tetap bisa berperan optimal kok sebenarnya," jelas Fahmi, Senin (12/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Kehilangan Hak Pilih selama Sandang Pangkat Letkol Tituler TNI

Ia membandingkan, pangkat yang diberikan kepada Deddy dan yang diterima komponis besar Indonesia, Idris Sardi hingga sejarawan yang merupakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nugroho Notosusanto.

Fahmi menerangkan, penyematan pangkat lebih jelas atau cocok diberikan kepada dua tokoh itu karena divisi itu membutuhkan seseorang yang berkapasitas untuk memerintah, berkoordinasi, hingga mengendalikan personel di bawah kepemimpinannya.

Untuk diketahui, Idris menerima pangkat letnan kolonel tituler karena bertugas memimpin dan membina Korps Musik TNI.

Sementara Nugroho karena memimpin Pusat Sejarah TNI dan menyusun sejarah nasional.

"Kalau tetap diberikan, ya harus diperjelas peran, tanggung jawabnya dan sampai kapan tugas itu diberikan. Karena pangkat tituler itu tidak bersifat permanen," lanjut Fahmi terkait pemberian pangkat tituler kepada Deddy.

Baca Juga: Alasan Menhan Prabowo Beri Pangkat Letnan Kolonel Tituler AD ke Deddy Corbuzier

Diberitakan sebelumnya Menhan Prabowo Subianto memberikan pangkat letnan kolonel tituler pada Deddy Corbuzier.

Momen tersebut diunggah akun Instagram @mastercorbuzier, Jumat (9/12/2022). Dalam unggahan itu, Deddy terlihat menggunakan seragam TNI AD dan sedang berfoto bersama Menhan Prabowo.

Deddy menyebut, pangkat tersebut juga disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Adapun juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan pemberian pangkat itu karena Deddy dinilai punya keahliah khusus terkait kapasitas komunikasi di medsos, kemampuan yang disebut dibutuhkan TNI.

"(Tugas lain) sosialisasi dan kampanye pertahanan dan TNI di sosmed," ungkap Dahnil, Minggu (11/12/2022) kemarin.


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x