Kompas TV internasional kompas dunia

Arkeolog Hamas Temukan 63 Makam Romawi Kuno Berusia Belasan Abad di Jalur Gaza

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 17:08 WIB
arkeolog-hamas-temukan-63-makam-romawi-kuno-berusia-belasan-abad-di-jalur-gaza
Tim penggalian Palestina bekerja di sebuah pemakaman era Romawi yang baru ditemukan di Jalur Gaza, Minggu, 11 Desember 2022. Otoritas Hamas di Gaza mengumumkan penemuan 60 lebih makam di situs pemakaman kuno itu. Para anggota tim telah melakukan penggalian di lokasi itu sejak ditemukan pada Januari lalu saat digelar persiapan untuk proyek pembangunan pemukiman yang dibiayai Mesir. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

GAZA, KOMPAS.TV - Otoritas Hamas melaporkan penemuan situs pemakaman kuno yang diperkirakan berasal dari era Romawi Kuno di Gaza, Minggu (11/12/2022). Total 63 makam Romawi Kuno telah ditemukan di situs tersebut.

Menurut Hiyam Al-Bitar, peneliti dari Kementerian Barang Antik dan Pariwisata Palestina yang dijalankan Hamas, 63 makam telah diidentifikasi sejauh ini. Tulang-belulang dan artefak dari salah satu makam menunjukkan bahwa benda-benda itu berasal dari abad kedua Masehi.

Pekerja telah melakukan ekskavasi sejak situs itu ditemukan pada Januari lalu. Situs arkeologis ini ditemukan ketika otoritas setempat menyiapkan proyek pembangunan perumahan yang didanai Mesir.

Baca Juga: Kaisar Romawi Ini Sebelumnya Diyakini Palsu, Akhirnya Terbukti Benar-Benar Ada Berkat Koin Emas Kuno

Al-Bitar menyebut otoritas Hamas bekerja sama dengan tim ahli dari Prancis untuk mempelajari situs tersebut lebih jauh. Associated Press melaporkan, proses ekskavasi masih diteruskan per Minggu (11/12).

Situs pemakaman Romawi Kuno itu saat ini ditutup dari umum. Namun, proyek pembangunan perumahan terus berlanjut dan situs itu dikelilingi gedung apartemen.

Ketik awal ditemukan, situs itu dilaporkan sempat dijarah. Penjarah menggunakan gerobak yang ditarik keledai untuk membawa benda-benda seperti peti mati dan prasasti.

Gaza sendiri dikenal memiliki sejarah kaya. Lokasinya dulu merupakan jalur perdagangan kuno antara Mesir dengan Levant (Syam).

Akan tetapi, pendudukan dan blokade Israel, konflik, dan perkembangan pemukiman urban yang cepat membuat harta karun arkeologis di Gaza banyak yang tak terlindungi.

Baca Juga: Kebakaran Apartemen saat Pesta Ulang Tahun di Gaza, 21 Orang dari Tiga Generasi Keluarga Meninggal

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x