Kompas TV nasional aiman

Perang Data, Siapa Nyata? - AIMAN (2)

Kompas.tv - 15 November 2018, 15:10 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Sadryna Evanalia

Aiman mendatangi langsung tempat-tempat yang diklaim kedua peserta Pilpres 2019 (Jokowi dan Prabowo) menjadi dasar penghitungan mereka dari angka-angka ekonomi sederhana. Angka-angka ini dijadikan "jualan" kampanye jelang Pilpres2019. Aiman mengupas pula angka kemiskinan riil yang sebelumnya diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data, angka kemiskinan tahun ini turun mencapai 9,82%, tidak pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah Indonesia.

Aiman mendatangi sebuah warung sederhana nasi ayam ala restoran cepat saji. Di tempat ini, nasi dan ayam dijual hanya Rp 14.000. Sementara, nasi ayam di tempat yang lebih elit, dibanderol seharga tak lebih dari Rp 27.500. Selain itu, Aiman juga membeli tempe yang ternyata tidak setipis kartu ATM.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 02 menyatakan ada tempe setipis ATM berdasarkan pengakuan seorang ibu-ibu yang harus mengirit biaya produksi dengan menipiskan tempe. Ini dikaitkan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang dinilai Sandi memprihatinkan.

Aiman mewawancarai anggota tim ekonomi Prabowo-Sandi, Fuad Bawazier, terkait pernyataan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terkait perekonomian selama kampanye. Ia menyatakan kondisi ekonomi Indonesia mengkhawatirkan, terlihat dari harga pangan impor semakin naik seiring rupiah yang melemah terhadap dolar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x