Kompas TV nasional peristiwa

Okupansi Hotel di Solo Raya Tembus 90 Persen selama Acara Pernikahan Kaesang-Erina di Surakarta

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 18:57 WIB
okupansi-hotel-di-solo-raya-tembus-90-persen-selama-acara-pernikahan-kaesang-erina-di-surakarta
Okupansi Hotel Aston Solo (Surakarta) mencapai 100 persen selama perayaan resepsi pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022). (Sumber: KOMPAS.TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), okupansi rata-rata hotel di Solo (Surakarta), Jawa Tengah, mencapai lebih dari 90 persen selama resepsi pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

"Memang pernikahan Mas Kaesang dan Mbak Erina ini membawa dampak yang sangat signifikan ya," kata Humas PHRI Sisto A Sreshto saat dihubungi KOMPAS.TV, Minggu. 

"Terbukti dari catatan kami, untuk tadi malam saja (Sabtu, 10/12) rata-rata okupansi di seluruh hotel di Surakarta ini menembus lebih dari 90 persen, jadi tingkat okupansinya lebih dari 90 persen," ujarnya. 

Bahkan, lanjut Sisto, ada banyak hotel yang tingkat okupansinya mencapai 100 persen. 

Baca Juga: Cerita Warga Berjubel Antre Makanan Gratis Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

Ia menyebut, tingkat okupansi di banyak hotel di Solo Raya, termasuk wilayah Sukoharjo dan Karanganyar, pada Minggu masih mencapai 90-95 persen. 

"Pasti masih 90-95 persen dan pasti masih banyak kawan-kawan hotel yang tingkat okupansinya mencapai 100 persen," ungkapnya. 

Ia mengatakan, beberapa tamu baru akan melakukan check out pada Senin (12/12).
Keterangan Sisto diamini oleh Front Office Manager Hotel Aston Solo, Fery.

Kepada KOMPAS.TV, Fery mengatakan bahwa okupansi Hotel Aston Solo mencapai 100 persen selama penyelenggaraan resepsi Kaesang dan Erina. 

"Kalau biasanya okupansi 60 persen, sekarang sudah 100 persen," kata Fery, Minggu. 

Ia mengatakan, sekitar 40 persen okupansi hotel yang terletak di Jalan Slamet Riyadi itu diisi oleh tamu undangan pesta ngunduh mantu Kaesang dan Erina. 

"Yang jelas kamarnya penuh," ujarnya. 

Baca Juga: Ribuan Orang Antusias Iringi Kereta Kencana Keluarga Kaesang-Erina di Solo, Ada Lempar Suvenir

Senada, resepsionis hotel Sala View juga mengungkapkan bahwa perayaan pernikahan Kaesang-Erina membuat okupansi hotelnya mencapai 100 persen. 

"Mendekati hari-H banyak orang yang mem-booking (memesan) kamar hotel di sini," ungkapnya. 

Ia menyebut, 110 kamar hotel, termasuk kelas VIP, sudah penuh terisi pada Minggu. Para tamu yang menyewa kamar Hotel Sala View itu, kata dia, kebanyakan akan melakukan check out pada Senin (12/12). 

Berdasarkan pantauan KOMPAS.TV di Hotel Sala View dan Hotel Aston Solo, tampak terparkir mobil berpelat khusus untuk pejabat negara. 

Beberapa tamu hotel perempuan juga tampak mengenakan pakaian adat dan bersolek untuk menghadiri pesta perayaan resepsi Kaesang-Erina hari ini, Minggu (11/12).


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x