Kompas TV regional berita daerah

Semarak Tajemtra 2022, Digelar Jelang Hari Jadi Kabupaten Jember ke 94 (1)

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 08:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Setelah 2 tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19, gerak jalan Tanggul – Jember (Tajem) tradisional kini kembali digelar. Namun event tahunan itu tidak digelar pada bulan Agustus atau September, melainkan pada 17 Desember 2022 atau dua pekan menjelang hari jadi Kabupaten Jember yang ke 94.

“Memang sebaiknya Tajemtra ini dilaksanakan bersamaan atau berdekatan dengan Hari Jadi Kabupaten Jember, pada tanggal 1 Januari. Tajem ini kan kearifan lokal warga Jember, harus digelar setiap tahun selama masih ada Pemerintahan Kabupaten Jember,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto pada program Sapa Jember yang tayang di KompasTV Jember, pada Sabtu (10/12/2022).

Gerak jalan tajem digelar sejak tahun 1975 dan telah menjadi ikon Kabupaten Jember. Gerak jalan ini menempuh perjalanan sejauh 30 meter dari Alun-alun Tanggul hingga Alun-alun Kota Jember. Gerak jalan ini memiliki sejumlah kategori, seperti kategori perorangan dan beregu.

Baca Juga: JFC Tampilkan 10 Defile dan Kostum Terbaik Selama 2 Dekade

Panitia Tajem, dalam hal ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga, menargetkan 20 ribu orang ikut Tajem. Panitia telah menyediakan hadiah dengan total 200 juta rupiah.

“Saya minta kepada seluruh warga, instansi, perusahaan, perkantoran dan pertokoan, ayuk ikut meramaikan Tajem. Tajem ini dapat mendorong ekonomi warga, karena melibatkan ratusan UMKM,” pinta Hendy Siswanto.  

 

#GerakJalan #Tajem #Tanggul #Jember #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x