Kompas TV nasional peristiwa

Potret Antusiasme Warga Saksikan Kirab Pengantin Kaesang-Erina: Saya sampai Cari Jalan "Tikus"

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 08:17 WIB
potret-antusiasme-warga-saksikan-kirab-pengantin-kaesang-erina-saya-sampai-cari-jalan-tikus
Antusiasme warga Solo menyaksilan kirab pengantin Kaesang-Erina, Minggu (11/12/2022). (Sumber: Kompas.tv/ Fransisca Natalia)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Para warga antusias menyaksikan kirab pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Solo, Jawa Tengah hari ini, Minggu (11/12/2022).

Hingga pukul 07.00 WIB masyarakat terus berdatangan ke ruas jalan yang akan dilewati kereta kencana pengantin Kaesang-Erina.

Khususnya dalam hal ini di wilayah Pura Mangkunegaran, warga sudah siap mengambil tempat untuk menyaksikan kirab yang menurut jadwal akan dimulai pukul 08.15 WIB.

Suryarmi (63), warga kelurahan Gandekan, Jebres, Kota Solo pun mengungkapkan semangatnya yang datang bersama suami khusus menyaksikan kirab pengantin Kaesang-Erina.

Baca Juga: Nguduh Mantu Kaesang-Erina, Jokowi: Mencintai Budaya adalah Kewajiban Kita Bersama

"Pengen lihat ini sama suami. Tadi abis dari gereja langsung kesini sekitar jam 07.00 WIB. Penasaran sama pengantinnya," ungkapnya kepada Kompas.tv, Minggu.

Samiran (66), sang suami turut mengungkapkan antusiasme untuk menyaksikan kirab pengantin Kaesang-Erina yang merupakan peristiwa langka dan mungkin hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup. 


 

Ia mengaku untuk sampai di Puro Mangkunegaran harus lewat jalan 'tikus' untuk bisa parkir motor yang dekat. Mengingat, jalan masuk ke Puro Mangkunegaran telah ditutup sejak pagi.

"Dadakan kita kesini, tadi nyari jalan 'tikus' (jalan kampung) akhirnya bisa parkir lebih dekat," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, rute kirab dimulai dari Loji Gandrung Jalan Slamet, kemudian mengarah ke Jalan Diponegoro menuju Puro Mangkunegaran. 

Sepanjang jalan tersebut, terdapat sembilan panggung hiburan yang dapat disaksikan secara bebas oleh warga yang datang. 

Baca Juga: Andika Perkasa Amankan Kirab Kaesang-Erina di Solo: Kalau Ada Dinamika, Saya Bisa Respon Cepat

Selama kirab itu, Kaesang-Erina bakal menaiki kereta kencana berwarna hijau tua berkapasitas 4 orang milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kedua mempelai akan memimpin rombongan arak-arakan kereta kencana lain yang dinaiki oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Anandha dan anggota keluarga lainnya.

Total ada 28 kuda dan 12 kereta kencana yang digunakan dalam prosesi kirab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x