Kompas TV regional berita daerah

Komnas Ham Rilis 8 Kasus Pelanggaran Ham di Papua Dan Papua Barat

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 18:01 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Memperingati hari HAM sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember, organisasi komite nasional papua barat (KNPB) menggelar aksi demo di depan lampu merah jalan basuki rahmat KM 7 Kota Sorong, Papua Barat. Aksi ini sebagai bentuk upaya menyuarakan pelanggaran HAM yang terjadi di papua barat selama ini dan bahkan tidak diusut tuntas.

Sebanyak 350 personel Polres Sorong diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut dan juga dibubarkan karena aksi demo ini tidak memiliki izin resmi. Massa aksi kemudian bernegosiasi dengan aparat dan kemudian membubarkan diri dengan tertib.

Untuk menjamin keamanan di wilayah hukum Polres Sorong Kota, akan dilakukan patroli secara berkala, untuk memastikan tidak adanya aksi lanjutan, yang mengganggu kamtibmas.

Sementara itu pada peringatan hari HAM, komnas HAM perwakilan papua merilis data angka kasus pelanggaran ham untuk wilayah papua dan papua barat selama tahun 2022 berjumlah 28 kasus.

Selain kasus kekerasan tersebut, komnas HAM RI perwakilan papua juga memberikan perhatian pada sidang pelanggaran ham berat kasus paniai berdarah 2014. Komnas HAM RI perwakilan Papua menyampaikan keprihatinan dan penyesalan atas putusan pengadilan HAM berat Makassar yang membebaskan pelaku.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.