Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Sudah Pasang Set Top Box, Ini 4 Cara Cari Program TV Digital yang Hilang

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 05:05 WIB
sudah-pasang-set-top-box-ini-4-cara-cari-program-tv-digital-yang-hilang
Ilustrasi siaran TV digital yang memiliki gambar jernih dan suara canggih (Sumber: Dok. Humas Menkominfo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah melakukan pemadaman siaran televisi (TV) analog atau Analog Switch Off (ASO) di beberapa wilayah, di antaranya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Yogyakarta.

Selain itu, pada 20 Desember 2022, pemerintah juga akan menerapkan ASO atau melakukan suntik mati TV analog di sepuluh wilayah di Jawa Timur.

Masyarakat yang masih menggunakan TV analog atau TV tabung bisa menikmati siaran TV digital dengan memasang perangkat set top box (STB).

Melakukan pemasangan STB bukan berarti siaran TV digital akan terus muncul di TV Anda. Pasalnya, pencarian saluran (channel) perlu dilakukan secara berkala untuk menerima saluran digital yang beroperasi.

Setelah memasang STB, Anda mungkin akan menjumpai masalah channel siaran TV digital hilang setelah melakukan pencarian. Saat channel siaran TV digital hilang, perangkat TV hanya akan menampilkan layar hitam dengan keterangan "no channel" atau "tidak ada program". 

Anda dapat melakukan beberapa tips ini apabila mengalami masalah channel TV digital hilang tiba-tiba.

Baca Juga: Siaran TV Analog Segera Mati di 10 Daerah di Jawa Timur, Ini Cara Pasang Set Top Box!

Berikut ini empat cara mencari program TV digital atau mengembalikan siaran TV digital yang hilang:

1. Lakukan pencarian ulang siaran TV digital

Setelah TV dan STB menyala, gunakan remote TV digital atau STB untuk membuka "menu" dan pilih pengaturan "pencarian otomatis", "auto scan", atau "auto tuning".

Setelah mengetuk opsi itu, perangkat TV digital maupun STB bakal mencari siaran TV digital. Tunggu hingga pencarian selesai 100 persen dan daftar siaran TV digital bakal muncul.

2. Pastikan kabel antena terpasang dengan benar 

Jika channel siaran TV digital hilang tiba-tiba, pastikan kabel antena penangkap sinyal telah terpasang dengan benar di port atau lubang colokan yang tersedia pada perangkat TV maupun STB. 

Selain itu, pastikan juga kabel antena tidak kendur atau rusak. Pastikan juga port di TV tidak kotor.




Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x