Kompas TV nasional peristiwa

Siap-Siap, Siaran TV Analog di Surabaya dan Sekitarnya bakal Dimatikan 20 Desember 2022

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 16:32 WIB
siap-siap-siaran-tv-analog-di-surabaya-dan-sekitarnya-bakal-dimatikan-20-desember-2022
 Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) bakal dilakukan di wilayah Jawa Timur-1 pada 20 Desember 2022 mendatang.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap berikutnya bakal dilakukan di wilayah Jawa Timur-1 yang meliputi antara lain Kota Surabaya, Kota Mojokerta, dan Kota Pasuruan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyebut, penghentian siaran TV analog di wilayah Jawa Timur-1 ini akan digelar pada 20 Desember 2022 mendatang. 

"Kementerian Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog (ASO) pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00," kata Usman, Jumat (9/12/2022), seperti dikutip dari Antara

Usman pun mengatakan, Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Timur-1 untuk menggunakan perangkat set top box (STB) jika masih menggunakan televisi analog.

Hal tersebut, kata dia, supaya masyarakat di wilayah tersebut bisa menonton siaran televisi teresterial digital.

"Kementerian Kominfo mendorong masyarakat di (wilayah siaran) Jawa Timur 1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO 20 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran tv digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," jelasnya. 

Data terbaru dari Kementerian Kominfo menyebutkan, distribusi bantuan set top box untuk rumah tangga miskin di wilayah siaran Jawa Timur-1 sudah 100 persen.

Baca Juga: Mengapa Siaran Analog Harus Beralih ke Siaran TV Digital? Ini Tiga Alasannya

Adapun wilayah siaran Jawa Timur-1 meliputi 10 kabupaten dan kota, yaitu:

1. Kota Surabaya



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x