Kompas TV nasional politik

Hasil Survei Poltracking, Menhan Prabowo Tempati Posisi Teratas Tingkat Kepuasan Publik

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:12 WIB
hasil-survei-poltracking-menhan-prabowo-tempati-posisi-teratas-tingkat-kepuasan-publik
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyampaikan laporan pada peresmian Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta (9/11/2021). (Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/LUKAS)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei Poltracking merilis survei tingkat kepuasan terhadap kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju pada Jumat (9/12/2022).

Dalam survei tersebut, menempatkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menduduki posisi teratas dengan capaian kepuasan responden mencapai 61,4 persen.

Baca Juga: Ditanya Peluang Rujuk dengan PKS di Pilpres 2024, Begini Jawaban Prabowo

"Dari semua menteri yang kami evaluasi, kami tidak me-ranking tapi ditanya satu per satu, yang tertinggi adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Sementara di posisi selanjutnya, ada Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.


 

Hanta Yuda mengatakan, pihaknya tidak memberikan pilihan secara peringkat kepada responden, melainkan memberikan pertanyaan satu per satu terkait kinerja menteri di kabinet. 

“Hasilnya, Prabowo Subianto menduduki posisi teratas sebagai Menhan,” ucap Hanta Yuda.

Baca Juga: Syarat Nasdem ke Gerindra Tak Capreskan Prabowo demi Koalisi Perubahan Dinilai Berat, Ini Alasannya

Hanta menambahkan, Erick Thohir yang menempati posisi kedua mendapat capaian kepuasan responden sebesar 59,4 persen atas kinerjanya.

Sedangkan, Sandiaga Uno mendapat kan skor kepuasan sebesar  57,7 persen. Lalu disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan tingkat kepuasan 53,4 persen.

Selain itu, sebanyak 56,9 persen responden menyatakan kepuasan terhadap kinerja Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sementara 51,1 persen responden puas terhadap kinerja Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin dan 49,4 persen menyatakan puas dengan kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Nasdem Mensyaratkan Gerindra Tak Usung Prabowo sebagai Capres jika Gabung Koalisi Perubahan

Survei tersebut juga menunjukkan sebesar 49,4 responden mengaku puas terhadap kinerja Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono.

Lalu, 49,2 persen responden puas dengan kinerja Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko.

Poltracking menggelar survei pada 21-27 November 2022 dengan total 1.220 responden. Metode pengambilan sampel survei dilakukan secara acak atau multistage random sampling.

"Responden diwawancara secara tatap muka langsung. Adapun margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir Dapat Pesan Begini dari Jokowi

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x