Kompas TV nasional peristiwa

Pernikahan Kaesang-Erina di Solo: Polda Jateng Siagakan 11 Anjing K-9 untuk Pengamanan di 3 Titik

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 14:22 WIB
pernikahan-kaesang-erina-di-solo-polda-jateng-siagakan-11-anjing-k-9-untuk-pengamanan-di-3-titik
Polda Jawa Tengah (Jateng) turut melibatkan 11 ekor anjing unit K-9 dalam pengamanan tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Solo.  (Sumber: Humas Polda Jateng)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Polda Jawa Tengah (Jateng) melibatkan 11 ekor anjing unit K-9 dalam pengamanan tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo pada akhir pekan ini. 

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan, anjing dengan ras jenis belgian malitnoise dan golden retriever itu memiliki tugas yang sangat krusial dalam pengamanan acara tersebut.

Anjing-anjing ini dikerahkan Polda Jateng untuk sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama persiapan sampai perhelatan pada Minggu, 11 Desember 2022 mendatang.

“Tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan,” kata Tourakhman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12).

Dia menyebut, sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting.

Tourakhman mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran.

“Di samping dari K-9 Ditsamapta Polda, satwa yang dilibatkan berasal dari sejumlah polres seperti Polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa polres di wilayah Soloraya,” ujarnya.

Baca Juga: GKR Hemas Bangga Pernikahan Kaesang-Erina Junjung Adat: Nguri-uri Kebudayaan

Dia menambahkan terdapat tiga titik strategis di mana anjing-anjing tersebut disiagakan.

“Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab dan Pura Mangkunegaran," jelasnya. 

Namun yang terbanyak, lanjut dia, ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing.

Lebih lanjut, Tourakhman meminta masyarakat untuk tidak perlu takut akan kehadiran anjing-anjing dari unit K-9 Polri di lapangan.

“Mereka (11 anjing) cukup familiar dan berpengalaman. Meski begitu, mereka sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi,” tandasnya.

Seperti diketahui, rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erika Gudono sudah dimulai Kamis kemarin (8/12) dengan semaan Al-qur'an dan pengajian di kediaman Erika di Sleman, Yogyakarta.

Kemudian hari ini, Jumat (9/12), keduanya menjalani prosesi siraman secara terpisah di kediaman masing-masing. Erika di Sleman, dan Kaesang di Solo.

Adapun akad nikah digelar pada Sabtu (10/12) di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Dan selanjutnya prosesi ngunduh mantu pada Minggu (11/12) di Solo yang dilanjutkan dengan kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Tamu Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina Wajib Patuhi 4 Aturan Ini


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x