Kompas TV internasional kompas dunia

Miliuner Jepang bakal ke Bulan dengan SpaceX, Ajak Bintang K-Pop TOP dan DJ Steve Aoki

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:44 WIB
miliuner-jepang-bakal-ke-bulan-dengan-spacex-ajak-bintang-k-pop-top-dan-dj-steve-aoki
Miliuner Jepang yang menjadi partisipan penerbangan ke luar angkasa, Yusaku Maezawa (tengah), bersama kosmonot dari Roscosmos, Alexander Misurkin (kiri) dan partisipan lainnya, Yozo Hirano, menghadiri sesi latihan menjelang ekspedisi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di Pusat Latihan Kosmonot Gagarin di Star City, di luar Moskow, Rusia, Kamis, 14 Oktober 2021. (Sumber: Shamil Zhumatov/Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

 

TOKYO, KOMPAS.TV - Miliuner Jepang, Yusaku Maezawa, bakal ke bulan dengan penerbangan luar angkasa swasta, SpaceX, pada 2023.

Maezawa akan mengajak bintang K-Pop TOP dari grup Big Bang serta DJ terkenal, Steve Aoki.

Hal tersebut diungkapkan oleh Maezawa melalui video yang diunggahnya pada Kamis (8/12/2022).

Maezawa sendiri pernah mengungkapkan, ia menginginkan agar semua orang dari segala latar belakang disertakan dalam krunya.

Baca Juga: Gim Fortnite Buat Anak Kecanduan sehingga Tak Makan dan Tak Tidur, 3 Orangtua Gugat Pembuatnya

Selain TOP dan Steve Aoki, Maezawa juga akan menyertakan Youtuber Tim Dodd, aktor Dev Joshi dan fotografer Karim Iliya.

Sedangkan peseluncur Kaitlyn Farrington dan penari Miyu bakal menjadi kru cadangan.

“Saya harap setiap orang akan menyadari tanggung jawab yang akan datang dengan meninggalkan Bumi, melakukan pejalanan ke Bulan dan kembali lagi,” kata Maezawa pada video itu dikutip dari The Straits Times.

“Mereka akan memperoleh banyak hal dari pengalaman ini, dan saya harap mereka akan menggunakannya untuk berkontribusi pada planet ini, dan umat manusia,” tambahnya.

Maezawa sudah menempatkan deposit pada 2018 untuk penerbangan dengan apa yang kemudian diketahui sebagai Starship, pesawat generasi terbaru yang lebih kuat milik SpaceX.

Maezawa yang merupakan pendiri dan mantan ketua eksekutif dari toko fesyen online, Zozo, menyebut proyek ini sebagai “dearMoon”.

Pada 2021, ia meminta para peminat yang ingin bergabung dengannya dalam misi keliling Bulan, mengirimkan video pendaftaran.

Berdasarkan profil grafis dari laman dearMoon, perjalanan itu akan menghabiskan waktu hampir enam hari dan akan mengelilingi bulan tanpa mendarat.

Baca Juga: Akhirnya, Rusia Tukar Pebasket AS Brittney Griner yang Ditahan dengan Pedagang Senjata Viktor Bout

Meski SpaceX mengatakan penerbangan akan dilakukan di awal 2023, saat ini Starship belum memenuhi jadwal yang telah ditetapkan, dan belum menjalani uji coba peluncuran ke orbit.

Maezawa sendiri pernah merasakan berada di luar angkasa.

Pada Desember 2021, miliuner itu terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan roket Rusia, Soyuz, setelah berkoordinasi dengan perusahaan wisata luar angkasa bernama Space Adventures.

Ia tinggal di ISS selama dua pekan kurang, dan untuk perjalanan tersebut Maezawa dilaporkan membayar 10 miliar yen atau setara Rp1,1 triliun.


 


Sumber : The Strait Times

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x