Kompas TV entertainment selebriti

GKR Hemas Bangga Pernikahan Kaesang-Erina Junjung Adat: Nguri-uri Kebudayaan

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 13:03 WIB
gkr-hemas-bangga-pernikahan-kaesang-erina-junjung-adat-nguri-uri-kebudayaan
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas menghadiri prosesi adat menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, di kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (9/12/2022). (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan.)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas turut berbangga dengan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Jumat (9/12/2022). Terlebih mereka berdua mengutamakan berbagai prosesi adat jelang dan pada pernikahannya.

Ratu Hemas juga mengungkapkan pihak calon pengantin perempuan mendatangi Keraton Yogyakarta untuk bertanya bagaimana prosesi yang benar.

"Saya kira kemarin sudah ke Keraton Jogja juga menanyakan bagaimana prosesi yang benar," tuturnya ketika datang ke kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, hari ini.

Baca Juga: Jokowi Minta Maaf Pernikahan Kaesang dan Erina Ganggu Kenyamanan Warga di Solo dan Yogyakarta

Menurutnya bagaimana prosesi yang dijalankan pihak calon pengantin perempuan sudah sesuai yang diharapkan.

"Saya sudah menyampaikan banyak informasi, tapi saya kira ini sudah berjalan sesuai harapan kita," lanjutnya.


 

Ratu Hemas menjelaskan bahwa prosesi yang dilakukan hari ini di Yogyakarta dan Surakarta, Jawa Tengah sesuai dengan keinginan kedua mempelai.

"Saya kira sudah sesuai dengan keinginan kedua mempelai, bahwa mereka akan menjalankan prosesi secara adat," kata Ratu Hemas.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina, AP I: 52 Pesawat Jet Pribadi Sudah Daftar untuk Parkir di Adi Sumarmo

Ia juga memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap Kaesang dan Erina karena melakukan adat budaya jelang dan dalam pernikahan tersebut.

"Saya kira ini sangat luar biasa dan membanggakan buat kita semua bahwa generasi muda masih nguri-uri kebudayaan," ucapnya. Hari ini GKR Hemas juga tampak menyirami Erina Gudono. 

Ia melakukan guyuran tersebut usai ibu Erina, Sofiatun Gudono melakukan siraman pertama terhadap anaknya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x