Kompas TV entertainment selebriti

Jelang Prosesi Siraman Kaesang, Air dari 7 Sumber Disiapkan, 3 Menteri Hadir

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 07:43 WIB
jelang-prosesi-siraman-kaesang-air-dari-7-sumber-disiapkan-3-menteri-hadir
Kaesang Pangarep saat mengikuti acara pengajian di kediaman, Kota Surakarta, Kamis (8/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan menjalankan prosesi siraman di rumah pribadi di Solo atau Surakarta hari ini, Jumat (9/12/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Jurnalis Kompas TV Kyka Madona melaporkan, air untuk prosesi siraman tersebut berasal dari tujuh sumber mata air.

Tujuh sumber mata air tersebut yakni, air dari rumah nenek Kaesang yang juga almarhumah ibunda Jokowi, air dari rumah pribadi Jokowi, air dari Masjid Agung Solo, dan air dari Masjid Al Wustho (salah satu masjid tertua di Solo).

Kemudian, air dari Keraton Solo, air dari Pura Mangkunegaran, serta air dari Umbul Pengging.

Makna dari tujuh air ini adalah Kaesang dan Erina selalu saling tolong-menolong dalam suka maupun duka.

Air dari tujuh sumber itu akan disiramkan ke tubuh Kaesang oleh tujuh orang. Tak bisa sembarangan, tujuh orang yang menyiramkan air tersebut harus lebih tua dari Kaesang, orang yang pernah mantu, serta orang yang telah menikah dan tak pernah bercerai.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang dan Erina: Tradisi Cethik Geni Dilakukan Pagi Ini di Yogyakarta, Apa Itu?

Menurut juru bicara pernikahan Kaesang-Erina sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, prosesi siraman adiknya itu akan digelar secara tertutup dan terbatas.

Gibran mengatakan, hanya keluarga inti yang akan datang secara langsung ke kediaman pribadi Presiden Jokowi. Akan tetapi, akan ada layar monitor yang disediakan bagi masyarakat maupun jurnalis yang ingin memantau.

Selain keluarga inti, tampak tiga menteri Presiden Jokowi hadir dalam proses siraman Kaesang, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Hadi Tjahjanto; Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan; dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.


Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina: Pagi Ini Calon Pengantin Jalani Prosesi Siraman, Ada Tradisi Chetik Geni

Hari ini, calon istri Kaesang, Erina Gudono, juga menjalani prosesi siraman di rumahnya, di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekitar pukul 07.30 WIB.

Selain siraman, keluarga Erina juga akan menjalankan prosesi adat Chetik Geni Pisanan. 

Tradisi ini akan dilakukan oleh pihak keluarga Erina sebagai simbol menyalakan api pertama untuk menjamu tamu. Membuat api yang pertama inilah disebut chetik geni.

"Yang nyetik (geni) nanti Bapak atau yang mewakili (dari keluarga Erina)," kata salah seorang panitia acara, Anjas Larasati, saat mempersiapkan dekorasi di depan rumah Erina, Rabu (7/12/2022).

Sebelum prosesi siraman, rangkaian pernikahan adat Jawa Kaesang-Erina dimulai dengan pemasangan bleketepe.

Bleketepe terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih hijau dan kemudian dipasang mengelilingi area pernikahan yang bermakna memilah kotoran untuk dibuang.

Setelah bleketepe terpasang, artinya calon pengantin sudah siap melanjutkan ke prosesi siraman dalam adat Jawa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x