Kompas TV entertainment selebriti

Pernikahan Kaesang dan Erina: Tradisi Cethik Geni Dilakukan Pagi Ini di Yogyakarta, Apa Itu?

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 07:06 WIB
pernikahan-kaesang-dan-erina-tradisi-cethik-geni-dilakukan-pagi-ini-di-yogyakarta-apa-itu
Panitia mempersiapkan dekorasi dapur kuno untuk prosesi Cethik Geni di halaman rumah calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, di Yogyakarta (6/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tradisi cethik geni atau menyalakan api akan dilaksanakan di rumah calon istri Kaesang Pangarep, yakni Erina Gudono, di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pagi ini, Jumat (9/12/2022).

"(Cethik Geni) untuk menandakan bahwa pemangku hajat mau kagungan (punya) hajat mantu," ujar salah seorang panitia acara, Anjas Larasati, saat mempersiapkan dekorasi di depan rumah Erina, Rabu (7/12), dikutip dari tayangan Kompas TV.

Tradisi ini biasanya dilakukan ketika pemangku hajat pertama kali memiliki menantu atau disebut mantu pisanan.

Tampak dekorasi dapur kuno berupa dinding dari gedhek atau anyaman bambu dilengkapi dengan alat-alat dapur terpasang di halaman rumah Erina.

"Bentuknya seperti dapur kuno gitu, nanti akan ada kuningan, ada kayu-kayu untuk di-cethik geni-nya. Geni itu kan api ya. Nyenthik api," kata Anjas.

Tampak juga dandang dan kukusan terpasang di atas tungku yang terbuat dari tanah liat dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

Properti dekorasi dapur kuno untuk prosesi adat Cethik Geni di halaman rumah calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, di Yogyakarta (7/12/2022). (Sumber: Kompas TV)

Prosesi Cethik Geni adalah menghidupkan api untuk masak nasi pertama kali. 

"Lebih filosofi dapur ya. Jadi, masak pisanan (masak pertama kali), adang pisanan (masak nasi pertama)," ungkap dia. 

Prosesi Cethik Geni, lanjut Anjas, khusus di Yogyakarta untuk anak yang pertama kali menikah dalam keluarga. Biasanya untuk calon pengantin perempuan.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina: Pagi Ini Calon Pengantin Jalani Prosesi Siraman, Ada Tradisi Chetik Geni

Jurnalis Kompas TV Cindy Permadi pada Selasa (6/12) melaporkan, prosesi cethik geni akan dilakukan oleh ibunda Erina atau pihak keluarga yang mewakili.

Prosesi cethik geni tersebut akan mengawali rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina pada hari ini Jumat (9/12).

Setelah prosesi cethik geni dilaksanakan, Erina akan menjalankan prosesi siraman. Sementara itu, Kaesang juga akan menjalani prosesi siraman di rumahnya di Solo pagi ini.


Di rumah Erina telah terpasang tenda berkapasitas sekitar 150 orang yang disiapkan untuk keluarga terdekat calon pengantin.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Keluarga Jokowi Gelar Pengajian di Solo

Selain itu, pengamanan di rumah Erina juga semakin ketat. Ada CCTV yang terpasang serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan personel Brimob yang selalu siaga mengecek kondisi rumah calon menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Tak hanya itu, akses keluar masuk juga diatur oleh petugas. Lahan parkir juga disiapkan untuk para tamu undangan agar tidak mengganggu masyarakat sekitar rumah Erina.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x