Kompas TV regional berita daerah

TOSS Center Masuk Top 5 Inovasi Nasional

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:41 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Penanganan sampah di Kabupaten Klungkung, sejak kepemimpinan Bupati I Nyoman Suwirta, kian menjadi perhatian publik.

Terlebih setelah munculnya Inovasi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS), dengan pengolahan sampah yang khusus dilaksanakan di TOSS karang Dadi Kusamba, sejak tahun 2016.

Sebelumnya tahun 2018 sempat mendapat pengharaan sebagai top 40 inovasi nasional. Dan tahun 2022 ini lolos dengan Top 5 Outstanding Achievement Of Public Services dengan kategori "Sangat Terpuji".

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan,  TOSS bersaing melawan 3.478 program lain dari seluruh Indonesia.

Dimana pada tahun 2018 lalu, TOSS berhasil masuk top 40 Inovasi Pelayanan Publik, tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus. Untuk tahun ini, TOSS masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement Of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Dengan begitu TOSS adalah inovasi program milik Pemkab Klungkung yang tercatat untuk ketiga kalinya masuk dalam kompetisi yang digelar Kemenpan RB tersebut.

Dikatakan, upaya penanganan sampah di Klungkung bukan semata-mata mengejar penghargaan, tapi bagaimana upaya penanganan sampah dari hulu hingga hilir. Terlebih saat ini sedang digarap 100 persen TOSS desa.

Saat ini di TOSS center sedang dikembangkan menjadi tempat edukasi, dan selama ini sudah menjadi salah satu lokasi kunjungan dari daerah lain di Indonesia.

Selain itu, inovasi GEBRAK (Gerakan Bersama Remaja Anti Rokok) juga masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dalam acara "penganugerahan Bersama Pelayanan Publik Dan Reformasi Birokrasi” di  Jakarta  Selasa (6/12) lalu.

 

#pemkabklungkung    #tosscenter  #KIPP


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x