Kompas TV regional peristiwa

Krisis Air Tawar di Gili Meno Disebut Lebih Parah, Warga: Air Sumurnya Sama Asinnya seperti Air Laut

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 07:40 WIB
krisis-air-tawar-di-gili-meno-disebut-lebih-parah-warga-air-sumurnya-sama-asinnya-seperti-air-laut
Pantai berpasir putih di Gili Meno, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Krisis air tawar yang melanda Gili Meno disebut lebih parah kondisinya ketimbang di Gili Trawangan. 

Pasalnya, di gili atau pulau kecil yang terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, PT Berkat Air Laut (BAL) jadi satu-satunya perusahaan penyuplai air tawar yang beroperasi.

Sementara, PT BAL menutup operasional dan menghentikan distribusi airnya pada para pelanggan di Gili Trawangan dan Gili Meno sejak Kamis (1/12/2022) pekan lalu.

Hingga Rabu (7/12) malam, pasokan air tawar dari PT BAL belum juga mengalir, baik ke para pelanggan di Gili Trawangan maupun di Gili Meno. 

Baca Juga: Polemik Air Bersih di Gili Trawangan, Warga: Tadinya Kami Antusias Sekali PDAM Masuk, Ternyata ...

Kondisi krisis air tawar yang memprihatinkan di pulau wisata Gili Meno itu diungkap oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa Gili Indah Hafizudin Harbi, yang ditunjuk mewakili warga Gili Meno untuk menyuarakan aspirasi mereka.

“Di Gili Meno, tidak ada satu sumur pun yang tawar. Tingkat keasinan airnya mungkin sama dengan air laut,” ujarnya dalam pertemuan antara warga dengan perwakilan Pemprov NTB di Gili Trawangan, Selasa (6/12) lalu.

Pertemuan antara pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan sejumlah warga di Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB, terkait krisis air tawar yang melanda Gili Trawangan dan Gili Meno, Selasa (6/12/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Kondisi memprihatinkan ini pun diamini seorang warga Gili Meno.

“Benar-benar kacau. Beberapa hotel sama sekali tak punya air. Beberapa tempat lainnya, beralih menggunakan air sumur,” ujar seorang warga asing penghuni Gili Meno yang menolak disebutkan identitasnya dalam pesan tertulis pada Kompas.tv, Selasa (6/12).

Untuk bertahan hidup sekaligus mempertahankan usahanya, ia pun beralih menggunakan air sumur atau membeli air tawar isi ulang dalam kemasan galon. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x