Kompas TV nasional hukum

Soroti Sejumlah Pasal di KUHP Baru, Amnesty International: Masih Separuh Kolonial

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 06:40 WIB
soroti-sejumlah-pasal-di-kuhp-baru-amnesty-international-masih-separuh-kolonial
Usman Hamid menilai Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru disahkan oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih separuh kolonial (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru disahkan oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih separuh kolonial karena belum bersih dari paasal-pasal kolonial.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Usman Hamid, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (7/12/2022).

Usman berpendapat bahwa pasal-pasal yang ada dalam KUHP baru tersebut sebagian masih peninggalan kolonial.

“Sebagai contoh, pasal tentang penghinaan terhadap presiden, kalau kita bandingkan dengan pasal tentang penghinaan terhadap Ratu Belanda misalnya di masa itu, masih sama, mirip,” jelasnya.

“Bahkan sekarang Belanda sudah tidak punya itu.”

Baca Juga: Dewan Pers Sayangkan Pengesahan UU KUHP: Ancam Kemerdekaan Pers dan Demokrasi

Pasal lain yang juga disoroti oleh Usman adalah pasal mengenai perbuatan makar, yang menurutnya sering digunakan untuk mengkriminalisasi orang-orang karena alasan politis.

“Pasal makar sering digunakan untuk mengkriminalisasi atau memenjarakan orang-orang hanya karena alasan-alasan politik.”

“Di Papua banyak sekali, di Maluku banyak sekali, menjelang pilpres kemarin, Bu Rahmawati dan beberapa tokoh politik juga dikenakan pasal makar. Jadi kalau dikatakan sudah bersih dari pasal-pasal kolonial, saya ragu. Jadi, ya separuh kolonial lah,” urainya.

Hal yang sama disampaikan oleh pakar hukum tata negara, Bivitri Susanti, yang menilai KUHP ini massih setengah hati lepas dari kolonialisme.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.