Kompas TV nasional hukum

Pertanyaan Hakim ke Ferdy Sambo: Tak Ingin Yosua Tewas, Kenapa Perintah Ricky dan Richard Menembak?

Rabu, 7 Desember 2022 | 18:43 WIB
pertanyaan-hakim-ke-ferdy-sambo-tak-ingin-yosua-tewas-kenapa-perintah-ricky-dan-richard-menembak
Ferdy Sambo dalam persidangan mengaku tidak menghendaki Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Yosua tewas. (Sumber: Puspenkum Kejaksaan Agung)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ferdy Sambo dalam persidangan mengaku tidak menghendaki Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Yosua tewas.

Hakim Alimin Ribut Sujono pun merespons pernyataan Ferdy Sambo yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana untuk Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal Wibowo, dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Ferdy Sambo dalam kesaksian mengaku memberi perintah kepada Ricky Rizal Wibowo dan Richard Eliezer Pudihang Lumiu untuk menembak Brigadir J saat di rumah Jl Saguling, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

“Kalau lah saudara tidak menghendaki korban Yosua itu meninggal, kenapa pada saat di Saguling saudara mengatakan bahwa nanti kalau melawan tembak?” tanya Hakim Alimin Ribut Sujono.

Baca Juga: Ferdy Sambo Jawab Kekecewaan Rekan di Polri: Saya Tak akan Tanggung Jawab yang Tidak Saya Lakukan

Terkait pertanyaan Hakim, Ferdy Sambo pun berkelit mengatakan, bahwa perintahnya untuk Ricky Rizal dan Richard Eliezer tembak Yosua atau Brigadir J hanya dilakukan jika dalam kondisi terpaksa.

“Oh itu… kesempatan terakhir yang harus digunakan apabila memang kondisi terpaksa,” ucap Ferdy Sambo.

Mendengar kesaksian tersebut, Hakim Alimin pun mengonfirmasi apakah itu berarti meninggalnya Yosua itu sebagai sebuah pilihan.

Ferdy Sambo yang ditanya seperti dalam sidang mengaku tidak bisa menyampaikan pendapatnya.

“Saya tidak bisa menyampaikan pendapat saya,” ucap Ferdy Sambo.

Baca Juga: Penilaian Hakim Atas Keterangan Ferdy Sambo: Enggak Masuk Akal, Sangat Janggal

Sebelumnya Hakim Alimin bertanya, Ferdy Sambo lebih dulu memberikan kesaksian bahwa dirinya sempat meminta Ricky Rizal untuk menembak Brigadir J atau Yosua.

Namun saat itu, kata Ferdy Sambo, Ricky Rizal tidak menyanggupi dan mengatakan jika mentalnya tidak kuat.

“Ricky tidak menjawab siap, saya tidak siap Bapak, saya tidak kuat mental,” kata Ferdy Sambo mengulang pernyataan Ricky Rizal kepadanya.

“Saya kecewa, harusnya ajudan siap mem-backup saya apabila saya butuhkan yang mulia,” tambah Ferdy Sambo.

Setelah itu, Ferdy Sambo mengaku sempat berpikir untuk mencari pengganti Ricky dengan tugas mem-backup dirinya menghadapi Brigadir J.

Baca Juga: Tahan Air Mata Tumpah, Ferdy Sambo Cerita ke Hakim Istrinya Diperkosa Yosua

Saat itu kemudian, Ferdy Sambo terpikir untuk memanggil Richard Eliezer Pudihang Lumiu untuk tugas yang sebelumnya tidak disanggupi Ricky Rizal.

“Akhirnya saya sampaikan ke Ricky untuk memanggil Richard,” ujar Ferdy Sambo.

Saat Richard menghadap, Ferdy Sambo mengaku memerintahkan hal yang sama seperti ketika dirinya berucap kepada Ricky Rizal.

“Saya kemudian menyampaikan juga kepada Richard, kamu sanggup enggak backup saya apabila nanti saya konfirmasi ke Yosua, dia melawan,” kata Ferdy Sambo.

Dalam kesempatan itu, lanjut Ferdy Sambo, Richard Eliezer mengaku siap mem-backup dirinya termasuk menjalankan perintah tembak Yosua.

Baca Juga: Ferdy Sambo Minta Richard Eliezer Dipecat dari Polri, Ronny: Sifat Jenderalnya di Mana?

“Kamu siap nembak enggak? Saya siap nembak Bapak, saya terima kasih (kepada Richard) karena sudah siap untuk mem-backup saya, kemudian saya perintahkan dia untuk turun ke bawah,” jelas Ferdy Sambo.

Hakim Wahyu Iman Santoso di persidangan, sempat bertanya kepada Ferdy Sambo kapan dengan Richard Eliezer menjadwalkan untuk pergi ke rumah di Jalan Duren Tiga.

Namun Ferdy Sambo mengeklaim, dirinya tidak membahas detail waktu ke Duren Tiga setelah menyampaikan perintah untuk siap tembak Yosua.

“Saya tidak menyampaikan akan konfirmasi di mana pada saat itu, karena saya masih bingung,” ucap Ferdy Sambo.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Jawaban Jokowi Saat Ditanya Soal Reshuffle Rabu Pon

Selasa, 31 Januari 2023 | 23:45 WIB
Close Ads x