Kompas TV nasional peristiwa

Bom Bunuh Diri Astana Anyar Jelang Pernikahan Kaesang, Gibran: Saya yang Jamin, Solo Aman

Rabu, 7 Desember 2022 | 17:26 WIB
bom-bunuh-diri-astana-anyar-jelang-pernikahan-kaesang-gibran-saya-yang-jamin-solo-aman
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjamin Solo aman dari pelaku teroris. (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta warga tak perlu khawatir usai adanya insiden bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dia memastikan wilayahnya aman karena sudah berkoordinasi dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi terkait pengamanan di wilayah Solo Raya.

Pengamanan tersebut juga dilakukan, mengingat keluarga Joko Widodo (Jokowi) akan mengadakan hajatan besar, yakni pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Baca Juga: Kontroversi Pakaian Papua yang dikenakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Bagaimana Menyikapinya?

“Sudah koordinasi dengan Pangdam dan Kapolda. Beberapa kamera CCTV juga sudah terpasang, nanti akan lebih sekitar ya. Insyaallah aman,” kata Gibran di Solo, Rabu (7/12/2022), seperti dilansir dari Kompas.com.

Tak hanya masyarakat sekitar, Gibran juga mengimbau kepada tamu undangan pernikahan Kaesang dan Erina untuk tidak khawatir atas keselamatan mereka di Solo, khususnya terhadap tindak teror atau kejahatan.

Gibran meminta agar warga bisa beraktivitas seperti biasa. Dia menjamin bahwa Solo akan menjadi wilayah yang aman dari tindak pidana terorisme.

‘Enggak perlu takut. Warga silakan beraktivitas seperti biasa. Hadirin, tamu undangan, tenang saja. Saya yang menjamin, Solo aman,” tegasnya.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang 10 Desember, IPW Ingatkan Polri soal "Lone Wolf" Imbas Bom Astana Anyar

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dia memastikan bahwa personelnya siap pasang badan mengamankan wilayah Solo, khususnya di hari pernikahan Kaesang.

“Untuk wilayah Solo Raya, sudah kita lakukan penebalan terkait dengan kegiatan KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan), baik itu fungsi intelijen, kemudian fungsi reskrim untuk melakukan KRYD di seluruh batas kota,” kata Luthfi di Polresta Solo, Rabu (7/12).

“Sehingga tidak ada kesempatan ruang bagi para pelaku teror di wilayah kita. Semua anggota untuk melaksanakan kegiatan ini, tidak ada sejengkal pun yang tidak diawasi oleh anggota, itu perintah saya,” tegasnya.

Baca Juga: Kapolda Jateng Sebut Tak Ada Ruang bagi Pelaku Teror di Pernikahan Kaesang dan Erina, Semua Diawasi

Setidaknya akan ada 2.188 personel yang tersebar ke beberapa titik, termasuk kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Kemudian lokasi ngunduh mantu, yakni Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, serta Pura Mangkunegaran, juga tak luput dari pengamanan.


 


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x