Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Portugal vs Swiss: Goncalo Ramos Hattrick, Selecao das Quinas Menang Besar 6-1

Rabu, 7 Desember 2022 | 04:50 WIB
hasil-portugal-vs-swiss-goncalo-ramos-hattrick-selecao-das-quinas-menang-besar-6-1
Striker Portugal, Goncalo Ramos mencetak hattrick dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Swiss di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022). (Sumber: Twitter FIFA World Cup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

LUSAIL, KOMPAS.TV - Hasil Portugal vs Swiss dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 berakhir dengan skor 6-1 untuk kemenangan besar Selecao das Quinas

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB itu, gol-gol kemenangan Portugal dicetak Goncalo Ramos (17', 51', 67'), Pepe (33'), Raphael Guerreiro (55') dan Rafael Leao (90+2'). 

Sementara itu, Swiss sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Manuel Akanji pada menit 58. 

Kemenangan ini mengantarkan Portugal ke babak 8 besar untuk pertama kalinya sejak tahun 2006. Di perempat final, mereka akan menantang wakil Afrika, Maroko. 

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Tiga Algojo Spanyol Gagal, Maroko Menang Adu Penalti Lewat Panenka Hakimi

Jalannya pertandingan

Pelatih Portugal Fernando Santos membuat kejutan dalam susunan skuad utamanya. Cristiano Ronaldo dan Joao Cancelo harus duduk di bangku cadangan. 

Sebagai gantinya, Santos mempercayakan Goncalo Ramos dan Diogo Dalot turun sebagai starter. 

Keputusan Santos ternyata sangat tepat. Goncalo Ramos sukses membuka keunggulan Portugal ketika laga baru bejalan 17 menit. 

Mendapat bola operan dari Joao Felix dan membelakangi gawang, Goncalo Ramos secara luar biasa melepaskan tembakan keras ke tiang dekat dengan sudut sempit. 

Bola hasil tendangan Ramos sukses meluncur deras ke pojok atas gawang tanpa bisa dibendung kiper Swiss, Yann Sommer. 

Terus menggempur pertahanan Swiss, gol kedua Portugal akhirnya datang pada menit 33. Berawal dari tendangan sudut Bruno Fernandes, bola sukses dikonversi menjadi gol oleh Pepe. 

Hingga babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk keunggulan Portugal tidak berubah. 

Berlanjut ke paruh kedua pertandingan, Portugal tak mengendurkan intensitas serangannya. 

Baca Juga: Latihan 1.000 Penalti yang Berakhir Sia-Sia bagi Spanyol

Enam usai kick off Portugal berhasil memperlebar keunggulan lewat gol kedua Goncalo Ramos di laga ini. 

Umpan silang Diogo Dalot dari sisi kanan, berhasil disambar menjadi gol oleh penyerang 21 tahun yang bermain untuk Benfica. Skor 3-0 untuk keunggulan Portugal. 

Namun, Portugal tak berhenti di situ. Pada menit ke-55, Raphael Guerreiro sukses mencetak gol keempat Portugal usai memanfaatkan umpan dari Goncalo Ramos. 

Swiss sempat memperkecil jarak ketertinggalan melalui tap in Manuel Akanji memanfaatkan situasi sepak pojok. Tetapi, Portugal kembali mengembalikkan marjin empat gol pada menit ke-67. 


 

Gol kelima Portugal dalam laga ini kembali dicetak oleh Goncalo Ramos. Penyerang Benfica itu berhasil mengonversi umpan dari Joao Felix. 

Ramos menjadi pencetak hattrick pertama di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Jepang Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Takehiro Tomiyasu Ingin Sejenak Lupakan Sepak Bola

Portugal menggenapi kemenangannya menjadi 6-1 lewat gol pemain pengganti, Rafael Leao pada menit 92. Sepakan melengkungnya tak mampu dibendung Yann Sommer. 

Tidak ada gol tambahan yang tercipta pada sisa waktu pertandingan. Portugal akhirnya menang dengan skor 5-1 dan memastikan diri lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. 

SUSUNAN PEMAIN PORTUGAL VS SWISS

PORTUGAL (4-3-3): Diogo Costa, Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Pepe, Diogo Dalot, Bernardo Silva, William Carvalho, Otavio, Joao Felix, Gonçalo Ramos, Bruno Fernandes.

SWISS (4-2-3-1): Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schar, Edimilson Fernandes, Granit Xhaka, Remo Freuler, Ruben Vargas, Djibril Sow, Xherdan Shaqiri, Breel Embolo.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x