Kompas TV olahraga sepak bola

Saling Ludah Diego Michiels dan Krmencik di Liga 1, Begini Aturan FIFA

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 23:12 WIB
saling-ludah-diego-michiels-dan-krmencik-di-liga-1-begini-aturan-fifa
Pertandingan lanjutan Liga 1 2022/23 antara Persija Jakarta Vs Borneo FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12/2022). Pertandingan ini diwarnai aksi saling ludah antara Diego Michiels dan Michael Krmencik. (Sumber: Tribun Jogja/Hanif Suryo)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

SLEMAN, KOMPAS.TV - Pertandingan lanjutan pekan ke-12 Liga 1 2022/23 antara Persija vs Borneo FC diwarnai aksi saling ludah antara Diego Michiels dan Michael Krmencik.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/2022), wasit Yeni Krisdianto akhirnya mengganjar Diego Michiles dengan kartu merah. Sementara itu, Krmencik hanya mendapat hukuman kartu kuning.

Kronologi 

Awalnya, Macan Kemayoran tengah memimpin pertandingan dengan skor 1-0. Keunggulan ini amat penting, sebab Persija bisa menggusur Borneo FC di tabel klasemen Liga 1.

Sekitar menit ke-78', Michiels terlihat melakukan provokasi. Kapten Borneo FC itu meludah ke bagian belakang tubuh Krmencik.

Penyerang asal Republik Ceko tersebut balas meludah, hingga sebagian ludahnya mengenai wajah Michiels. Tak terima, kapten Pesut Etam langsung memukul Krmencik.


Bagaimana Aturannya?

Dalam video yang beredar, jelas kedua kubu melakukan tindak pelanggaran. Aturan yang relevan dengan kasus ini tertuang dalam Law 12: Fouls and Misconduct.

Hukum tersebut menjelaskan, pemain yang "menggigit atau meludahi" pemain lain, harus diusir ke luar lapangan (kartu merah).

Tindakan serupa dengan konsekuensi yang sama di antaranya: melakukan kekerasan, menerima dua kartu kuning, atau sengaja melakukan handball saat tim lawan memiliki peluang mencetak gol. 

"Seorang pemain yang telah diusir, harus meninggalkan area sekitar lapangan permainan dan area teknis."

Baca Juga: Rekap Hasil Liga 1: Persis Sikat RANS 6-1, Borneo Gagal Rebut Puncak Klasemen


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x