Kompas TV regional berita daerah

Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bernuansa Jawa Klasik

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 14:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Prosesi adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina diselengarakan  di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada hari Minggu (11/12/ 2022). Nantinya konsep dekorasi akan mengunakan nuansa Jawa Klasik Mataram Islam, sebagai cikal bakal dari Keraton Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Proses pembuatan dekorasi inipun dilakukan di kawasan Kelurahan Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Adapun beberapa dekorasi yang dipersiapkan diantaranya dekorasi gebyok untuk sungkumen, level stage untuk upacara adat udik-udikan berupa uang koin logam, beras kuning dan potongan pandan. Selain itu, membuat kembar mayang untuk diletakkan di pelaminan.

Ada pula dekorasi mrajak sewu untuk di halaman Loji Gandrung  berupa bentuk punden, dihiasi daun jati, cengkir gading, bambu dan lombok merah sebagai nuansa Jawa Klasik Mataram Islam dengan ornamen tanaman dan hewan.

"Temanya sesuai permintaan keluarga Jawa klasik, antara Yogyakarta dan Solo. Kita memberikan ornamen-ornamen yang kita ambil dari kebudayaan Solo dan Yogyakarta," kata Panji, Art Director  Asmoro Dekorasi.

Proses pengerjaan dekorasi ngunduh mantu pernikahan  Kaesang-Erina diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat.

#kaesang #erina #pernikahankaesang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x