Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Akhir Jepang vs Kroasia 1-1: Livakovic Hat-trick Penyelamatan di Adu Penalti, Kroasia Menang

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 00:52 WIB
hasil-akhir-jepang-vs-kroasia-1-1-livakovic-hat-trick-penyelamatan-di-adu-penalti-kroasia-menang
Kiper Timnas Jepang, Shuichi Gonda, gagal menghentikan bola sundulan pemain Timnas Kroasia, Ivan Perisic, yang mencetak gol pertama bagi timnya dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Hassan Ammar)

DOHA, KOMPAS.TV - Hasil akhir pertandingan Jepang vs Kroasia adalah 1-1 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Timnas Kroasia memenangkan adu penalti dengan skor 1-3.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic menjadi pahlawan skuad Vatreni usai menorehkan hat-trick penyelamatan di babak adu penalti.

Dalam laga ini, pelatih Hajime Moriyasu menurunkan patron 3-4-3. Wataru Endo dan Hidemasa Morita dipercaya mengawal lini tengah. Sedangkan di lini serang, Samurai Biru mengandalkan trio Daichi Kamada, Daizen Maeda, dan Ritsu Doan.

Sementara itu, Zlatko Dalic menurunkan formasi 4-2-3-1 untuk menghadapi Jepang. Sang pelatih masih mempercayakan lini tengah kepada trio Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Sedangkan di lini serang, Kroasia bergantung pada trisula Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, dan Ivan Perisic.

Kedua tim saling bertukar serangan pada babak pertama. Namun, skuad Samurai Biru sukses unggul lebih dulu melalui aksi Daizen Maeda pada menit 42. Berawal dari umpan Ritsu Doan dari sisik kanan, kemelut terjadi di kotak penalti Kroasia hingga bola disambar Maeda untuk membawa Jepang unggul 1-0.

Baca Juga: Jude Bellingham Membuat Suporter Prancis Ketakutan Jelang Lawan Inggris, Bakal Memberikan Trauma

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.  Memasuki babak kedua, Luka Modric dan kawan-kawan coba mengendalikan permainan dan menekan Jepang. Namun, trisula lini serang Jepang juga beberapa kali mengancam gawang lini pertanana Josko Gvardiol dan kawan-kawan.

Serangan Kroasia  akhirnya membuahkan hasil pada menit 55. Dari sisi kanan-tengah lapangan, Dejan Lovren mengirim umpan lambung akurat ke kotak penalti. Umpan ini disambut Perisic dengan sundulan yang bersarang di sudut gawang Shuichi Gonda

Usai skor sama kuat, Jepang dan Kroasia saling bertukar serangan. Samurai Biru pun menambah daya gedor dengan memasukkan Takuma Asano dan Takumi Minamino. Sedangkan Kroasia memasukkan Ante Budimir dan Mario Pasalic.

Wataru Endo dan Luka Modric sempat adu kebolehan tembakan jarak jauh. Namun, Shuichi Gonda dan Dominik Livakovic sama-sama sigap menghalau ancaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x