Kompas TV nasional hukum

Pengacara Bharada E: Kesaksian Ricky Rizal soal Sarung Tangan Seperti Ingin Melindungi Ferdy Sambo

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 22:09 WIB
pengacara-bharada-e-kesaksian-ricky-rizal-soal-sarung-tangan-seperti-ingin-melindungi-ferdy-sambo
Ronny Talapessy menyebut Bharada E sebagai seorang justice collaborator (JC), wajib menyampaikan keterangan yang jujur dalam pemeriksaan dan sidang. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Kuasa hukum Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Ronny Talapessy, menilai kesaksian Ricky Rizal terkait apakah Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan atau tidak saat pembunuhan Brigadir J, seperti ingin melindungi bekas Kadiv Propam Polri tersebut. 

Diketahui, Ricky menyebut Sambo tak menggunakan sarung tangan ketika menembak Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Ricky Rizal Cerita Detik-detik Brigadir J Ditembak: Yosua Mundur Tak Mau Jongkok, Langsung Ditembak

Ronny menjelaskan, kecurigaan itu bermula ketika dirinya mengetahui kalau Ricky Rizal mencabut keterangannya di Berita Acara Pemeriksaan (BAP). 

"Kemudian yang kedua kami mencatat bahwa Ricky Rizal ini mencabut BAP terkait dengan sarung tangan," kata Ronny di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

"Kami sudah tanyakan mengetahui atau tidak melihat atau tidak mengetahui, tapi dia sampaikan tidak mengetahui. Jadi ini aneh ketika di BAP lainnya dia tidak mencabut tetapi di BAP yang terkait dengan sarung tangan apakah ini untuk melindungi Ferdy Sambo," sambungnya. 

Ronny meyakini Majelis Hakim memiliki pertimbangan tersendiri untuk menilai keterangan Ricky berbohong atau benar dalam persidangan. 

"Tapi tentunya kami yakin majelis hakim punya pertimbangan lain," ujarnya. 

Sebelumnya, Ricky Rizal Wibowo keceplosan menyebut Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam saat peristiwa penembakan Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas Kompleks Polri Duren Tiga, 8 Juli 2022.

Terlihat sadar mengucap sarung tangan, Ricky Rizal pun sigap meralat keterangannya soal sarung tangan menjadi masker berwarna hitam.

Hal tersebut terjadi saat Jaksa Penuntut Umum mencecar Ricky Rizal Wibowo apakah Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam pada saat peristiwa Brigadir J ditembak.

“Tegaskan saja sekarang, pada waktu itu saudara melihat saudara FS menggunakan sarung tangan atau tidak,” tanya JPU dalam sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadir J untuk terdakwa Richard Eliezer dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

“Saya tidak yakin waktu itu sarung tangan atau masker yang warna hitam itu,” jawab Ricky Rizal Wibowo.

JPU pun mengingatkan kembali soal kesaksian Ricky Rizal yang mengaku melihat Ferdy Sambo menggunakan kedua tangan menembak ke arah dinding.

Dalam pertanyaan itu, JPU meminta Ricky Rizal menjawab tidak berbelit-belit.

Baca Juga: Alasan Ricky Rizal Rusak Handphone usai Ferdy Sambo Bilang Hp akan Disita: Saya Punya Foto Pribadi

“Anda memerhatikan saudara FS menembak ke dinding, itu penglihatan yang sama dengan tangan yang menembak itu, apakah menggunakan sarung tangan atau tidak. Jangan jawabnya tidak yakin,” ujar JPU.

“Siap, waktu itu saya tahunya sarung tangan, eh apa, masker warna hitam,” jawab Ricky Rizal.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x