Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

12 Bahan Alami yang Mampu Mencegah Kanker Usus Besar

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 05:05 WIB
12-bahan-alami-yang-mampu-mencegah-kanker-usus-besar
Ilustrasi sayuran yang mampu mencegah kanker usus besar. (Sumber: Peter Wendt on Unsplash)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Mengonsumsi sejumlah bahan makanan dan rempah sebagai obat alami untuk membantu mencegah kanker usus besar. 

Berikut beberapa bahan makanan dan rempah yang bisa Anda manfaatkan menjadi obat alami untuk mencegah kanker usus besar dikutip dari berbagai sumber:

1. Gandum utuh

Gandum utuh kaya nutrisi, sumber serat dan magnesium yang membuatnya bisa menjadi obat alami untuk mencegah kanker usus besar.

Gandum utuh membuat buang air besar lancar, yang sekaligus berpotensi untuk menangkap senyawa penyebab kanker di usus besar untuk keluar dari tubuh. Anda dapat mengkonsumsi gandum utuh dalam bentuk oatmeal, roti gandum, beras merah.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki mampu mengendalikan sel kanker, termasuk pada usus besar. Teh hijau dapat mencegah kanker usus besar tanpa efek samping juga pada sel sehat. Saat tumor usus besar masih dalam tahap awal, teh hijau yang diminum secara teratur bisa menghilangkan selnya secara tuntas.

Baca Juga: Tips Membuat Karya Tulis dari Raditya Dika dan Karya Foto oleh Fotografer Puan Anindya

3. Sayuran dan buah-buahan berwarna-warni

Mengutip Health Grid, beberapa sayuran dan buah-buahan mengandung folat yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar.

Asupan folat harian harus 400 mikrogram (mcg) untuk kebanyakan orang dewasa. Wanita hamil harus mengonsumsi 600 mcg setiap hari, sedangkan wanita menyusui harus mengonsumsi 500 mcg setiap hari. 

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung folat, meliputi:

  • Aspragus
  • Seledri
  • Bluberi
  • Pisang
  • Buah tin
  • Buah bit

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak yang kaya asam lemak omega-3 merupakan obat alami Anda untuk mencegah kanker usus besar. 

Asam lemak omega-3 memiliki sifat yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker secara umum. Beberapa penelitian menemukan bahwa makan ikan lebih baik dari pada makan daging merah (sapi, kambing, babi, dan hewan berkaki empat lainnya). 

5. Bawang putih

Mengutip Kompas.com, bawang putih yang dikenal sebagai bumbu dapur, memiliki kemampuan untuk mencegah kanker usus besar. 

Bawang putih mampu membunuh sel kanker tanpa menimbulkan efek samping dan sama sekali tidak membahayakan sel sehat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x