Kompas TV internasional kompas dunia

Kata Tahun Ini versi Oxford: Goblin Mode. Apa Artinya?

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 20:33 WIB
kata-tahun-ini-versi-oxford-goblin-mode-apa-artinya
Ilustrasi. Iklan layanan masyarakat tentang pandemi Covid-19 di Winterberg, Jerman. Kamus Oxford telah mengumumkan "goblin mode" sebagai kata bahasa Inggris tahun 2022. Apa artinya? (Sumber: Henning Kaiser/DPA via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Kamus Oxford telah mengumumkan kata bahasa Inggris tahun 2022 ini per Senin (5/12/2022). Masyarakat memilih suatu frasa untuk merangkum apa yang terjadi pada 2022, yakni "goblin mode."

Frasa "goblin mode" diputuskan menjadi kata tahun ini melalui jajak pendapat yang digelar secara daring. Tahun 2022 pun menjadi kali pertama Oxford menentukan kata tahun ini berdasarkan voting publik.

Melansir Associated Press, kamus Oxford mendefinisikan goblin mode sebagai "tipe perilaku yang memanjakan diri seenaknya, malas, jorok, atau serakah, khususnya dengan cara yang mengelakkan ekspektasi atau norma sosial."

Baca Juga: Jadi Word of the Year 2022, Apa Arti Gaslighting? Simak Tanda-Tanda Anda Jadi Korban Gaslighting

Frasa "goblin mode" awalnya muncul di Twitter pada 2009. Frasa ini semakin populer pada 2022 ketika orang-orang mulai keluar menuju ketidakpastian pasca-karantina.

"Mengingat tahun yang baru saja kita alami, 'goblin mode' beresonansi dengan kita semua yang merasa sedikit kewalahan pada saat ini," kata Presiden Bahasa OXford Casper Grathwohl.

Kata tahun ini versi Oxford dimaksudkan untuk merefleksikan "etos, suasana, suatu hal yang diakrabi selama dua belas bulan terkini."

Tahun ini, ahli leksikografi Oxford memilih tiga kata finalis, yakni goblin mode, metaverse, dan tagar IStandWith.

Walaupun relatif tidak dikenal di luar internet, goblin mode menjadi favorit pemilih daring, memenangkan 93% dari 340.000 lebih suara.

Pilihan itu pun menunjukkan kondisi dunia usai tahun-tahun penuh kekacauan pandemi dan perubahan besar pada politik dan perilaku masyarakat karena media sosial.

Sementara itu, kamus Merriam-Webster memilih "gaslighting" sebagai kata tahun 2022. Gaslighting sendiri berarti manipulasi psikologis yang ditujukan untuk membuat seseorang mempertanyakan validitas pikirannya sendiri.

Baca Juga: Kata Jokowi Terkait Persiapan Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x