Kompas TV regional berita daerah

ASO Diterapkan, Penjualan STB Meningkat Drastis

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Mulai 3 Desember 2022, Analog Switch Off (ASO) yaitu migrasi siaran TV analog menjadi siaran TV digital mulai berlaku di wilayah Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung dan Batam.

Sejumlah warga mulai berburu Set Top Box (STB) karena masih banyak yang belum mempunyai TV digital.

"Tadi pagi sudah tidak bisa (nonton) harus pakai Set Top Box (STB) mau enggak mau ya harus pakai" ungkap Joko Suripto, pembeli STB.

Sementara itu menurut Alex, penjual STB mengaku sejak berlakunya ASO, tokonya mampu menjual STB hingga ratusan unit, dan omzetnya naik hingga 6 kali lipat dibanding hari biasanya.

"Hari ini paling ramai (penjualan) ya mas, biasanya kita jual harga pasaran di Sragen sekitar Rp 275 ribu, Rp 285 ribu, saya jual paling harga Rp 250 ribu " kata Alex, penjual STB.

Seperti diketahui, ASO atau migrasi siaran televisi analog ke digital merupakan proses peralihan teknologi penyiaran dari televisi analog yang dikonversikan menjadi siaran televisi digital. Bagi televisi yang belum memiliki saluran penerimaan digital, pada televisi analog hanya perlu ditambahkan alat bantu penerima siaran digital berupa kotak dekoder yang disebut Set Top Box (STB). 

#settopbox #aso #digital



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x