Kompas TV regional berita daerah

ODGJ Nobar Piala Dunia

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 17:32 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Unit Pelaksana Teknis Daerah Liposos Dinas Sosial Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (2/12/2022) malam, ajak orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) nobar Piala Dunia, menonton pentas musik dan ngopi bareng. Selain menjalin kedekatan dengan petugas juga bentuk relaksasi kepada ODGJ agar tidak jenuh.

Raut bahagia dan senyum ceria terlihat dari raut wajah mereka yang dapat berbaur dengan masyarakat ditengah keramaian nobar sepak bola Piala Dunia.

Mereka pun diajak berfoto di spot foto piala dunia layaknya warga lainnya yang mengabadikan momentum nobar Piala Dunia 2022.

Di lokasi warung tradisional, mereka dibebaskan memilih makanan minuman tradisional di lapak pedagang kaki lima yang berada di arena nobar sepak bola Piala Dunia.

Pementasan group musik dengan lantunan irama rancak, membuat 10 orang dengan gangguan jiwa larut dalam kebahagiaan dan tertawa lepas.

Kegiatan ini sebagai bentuk relaksasi penanganan psikis, agar merasakan suasana keramaian, menghilangkan rasa kejenuhan, serta menjalin kedekatan dengan petugas.

Membiasakan ODGJ berbaur dengan orang asing diharapkan dapat melatih mental dan keberanian untuk menghilangkan rasa takut kepada orang asing, dan yang terpenting pula nantinya mereka dapat diterima di masyarakat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x