Kompas TV nasional hukum

JPU Cecar Ricky yang Tak Tahu Ferdy Sambo Perintah Eliezer Tembak Brigadir J: Saudara Tutup Telinga?

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 18:41 WIB
jpu-cecar-ricky-yang-tak-tahu-ferdy-sambo-perintah-eliezer-tembak-brigadir-j-saudara-tutup-telinga
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J Ricky Rizal, bersaksi dalam sidang lanjutan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E di PN Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencecar Ricky Rizal Wibowo yang dalam kesaksian mengaku tidak melihat saat Ferdy Sambo memberi perintah Richard Eliezer Pudihang Lumiu menembak Brigadir J pada 8 Juli 2022.

Padahal dalam keterangannya, Ricky Rizal Wibowo mengaku melihat ketika Ferdy Sambo memberi perintah jongkok untuk Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat.

“Tadi saudara bilang saudara mendengar, bahwa saudara Ferdy Sambo menyuruh jongkok (Yosua atau Brigadir J), kemudian tiba-tiba saudara tidak mendengar saudara Ferdy Sambo menyuruh Richard untuk menembak?” tanya Jaksa Penuntut Umum dalam sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadir J dimana Ricky Rizal Wibowo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

“Siap, tidak mendengar kata-kata tembak,” jawab Ricky Rizal Wibowo.

Baca Juga: Hakim Mulai Singgung TPPU di Sidang Ricky Rizal: Kok Rekening Bukan Nama Ferdy Sambo dan Putri

JPU tidak begitu saja mempercayai keterangan yang disampaikan Ricky Rizal terkait kesaksiannya saat penembakan Brigadir J.

Dalam sidang, JPU pun bertanya kejadian apa yang membuat Ricky Rizal tidak melihat saat-saat Ferdy Sambo memberi perintah kepada Richard Eliezer untuk menembak Brigadir J.

“Kejadian apa yang membuat saudara tidak mendengar kalimat yang setelah saudara dengar tadi?” tanya JPU.

“Kejadian itu cepat Pak,” jawab Ricky Rizal.

“Tapi kan kalimat itu setelah kalimat yang saudara dengar (perintah Ferdy Sambo kepada Brigadir J atau Yosua untuk jongkok). Apakah saudara menutup telinga setelah itu?” tanya JPU.

Baca Juga: Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Nangis Putri Dilecehkan Brigadir J, Hakim: Kamu Masih Menutupi

“Tidak, saya hanya fokus ke…” jawab Ricky Rizal Wibowo tanpa menyelesaikan kalimat yang akan disampaikan.

“Saudara ada di ruangan itu juga kan?” desak JPU.

“Siap, tapi yang saya ingat cuma itu Pak, mau saya enggak ingat. Dari awal juga di BAP saya seperti itu, tidak pernah berubah,” ucap Ricky Rizal Wibowo.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.