Kompas TV regional berita daerah

Pelukis Luar Biasa Penyandang Disabilitas

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Inilah Rohani Yusuf, pelukis disabilitas yang mendiami rumah panggung ini. Setiap harinya ia membuat berbagai gambar lukisan. Kreatifitasnya itu telah mulai dilakukannya sejak duduk dibangku Sekolah Dasar saat kondisinya masih sehat.

Tangan yang teliti dan ketajaman matanya kini sehari-hari mampu membuat berbagai jenis karya gambar lukisan, seperti pemandangan, burung serta wajah atau realistik.

Rohani juga mampu membuat lukisan dengan sejumlah media, yaitu kanvas, kertas, bahkan dari kain perca dan juga berbagai jenis alat seperti pensil, pulpen, akrilik dan pensil warna.

Hasil karyanya pun dipesan hingga ke sejumlah wilayah di Indonesia, seperti pulau Sumatera, Jawa, dan juga Bali yang dijual mulai dari Rp 70 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung bahan dan tingkat kerumitannya.

Sebelumnya, Rohani pun sempat menjadi guru honorer disalah satu Sekolah Dasar di kecamatannya sebelum ia mengidap penyakit rematik tulang dan maag akut yang nyaris membuat dirinya lumpuh total pada tahun 2009 silam.

Kemudian ia terpaksa merelakan impiannya menjadi guru dan melanjutkan hobinya dulu dengan berkarya dalam lukisan.

Rohani juga kini menjadi sosok inspiratif bagi berbagai kalangan di Aceh. Dengan segala kekurangannya namun mampu menciptakan kelebihan yang luar biasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.