Kompas TV nasional hukum

Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Nangis Putri Dilecehkan Brigadir J, Hakim: Kamu Masih Menutupi

Senin, 5 Desember 2022 | 15:43 WIB
ricky-rizal-sebut-ferdy-sambo-nangis-putri-dilecehkan-brigadir-j-hakim-kamu-masih-menutupi
Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso terkesan tidak antusias mendengarkan kesaksian Ricky Rizal Wibowo dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Senin (5/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hakim Wahyu Iman Santoso terkesan tidak antusias mendengarkan kesaksian Ricky Rizal Wibowo dalam sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana Brigadir Pol Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) dengan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E dan Kuat Ma'ruf, Senin (5/12/2022).

Sepanjang Ricky Rizal Wibowo menjelaskan bagaimana kronologi kejadian di rumah Saguling hingga Duren Tiga, Hakim Wahyu Iman Santoso tidak merespons atau bertanya terkait peristiwa.

Berbeda dengan saat ia menggali keterangan dari Ricky Rizal soal tugasnya sebagai ajudan dan perihal uang di rekening BNI.

Padahal, dalam narasinya, Ricky Rizal sempat menggambarkan Ferdy Sambo menangis saat menceritakan istrinya, Putri Candrawathi, telah dilecehkan oleh Brigadir J.

Baca Juga: Hakim Marahi Ricky Rizal: Kamu Korbankan Masa Depan Anak-Anakmu, Kasihan Anak Istrimu di Rumah

“Bapak menanyakan langsung ke saya itu, 'Ky ada kejadian apa Ky di Magelang?' 'Siap, Pak. Saya tidak tahu Pak.' Diam bapak, tarik nafas, terus nangis (Ferdy Sambo), Yang Mulia. Nangis terus bilang Ibu sudah dilecehkan sama Yosua,” cerita Ricky Rizal saat menjadi saksi di sidang pembunuhan Brigadir J yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin.

Kemudian, Ricky Rizal menceritakan tentang dirinya yang bertanya-tanya kapan Brigadir J atau Yosua melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi.

Tidak hanya itu, dia juga menerka-nerka soal apakah mungkin Brigadir J melakukan pelecehan seksual terhadap Putri.

“Kapan ini kejadiannya, terus apa bentuk pelecehannya,” tutur Ricky Rizal.

Baca Juga: Hakim Sekakmat Ricky Rizal: Saya Tahu Kamu Bohong dan Tidak, Cerita Kamu Tidak Masuk Akal Semua

Seketika, kata Ricky, Ferdy Sambo mengungkapkan kepadanya ingin memanggil Brigadir J terkait pelecehan yang dilakukannya terhadap Putri Candrawathi.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu Ferdy Sambo juga meminta Ricky Rizal untuk menembak Brigadir J atau Yosua.

“Saya mau panggil dia, kamu back up saya, amankan saya. Kalau melawan, kamu berani enggak tembak dia?” ucap Ricky Rizal meniru pernyataan Ferdy Sambo.

Seperti yang sudah pernah terungkap dalam sidang sebelumnya, Ricky Rizal mengaku tidak berani menembak Brigadir Yosua karena tidak kuat mental.

Kemudian, Ferdy Sambo memintanya untuk memanggil Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Dalam sidang hari ini, Ricky Rizal juga membeberkan soal dirinya yang tidak melihat Ferdy Sambo menembak Yosua.

Dia menyampaikan, hanya melihat Richard Eliezer yang menembak Brigadir J pada 8 Juli 2022.

Baca Juga: Kata Hakim saat Ricky Rizal Beberkan Alasan Amankan Senjata Brigadir J: Nggak Masuk Akal

Sementara untuk Ferdy Sambo, dikatakan Ricky Rizal, hanya menembak bagian dinding rumah Duren Tiga.

“'Apa Pak, ada Apa Pak?' Jongkok… jongkok, si Richard langsung keluarin senjata, Yang Mulia. Begitu si Yosua mundur, karena kan nggak mau jongkok, Richard lepaskan tembakan, eh kenapa ini… Terus dor! Di situ saya kaget kok ditembak, ditembak sampai jatuh, Yang Mulia,” jelas Ricky Rizal.

“Terus saya dengar ada suara. 'Bang… Bang… kenapa Bang?' Saya ke dapur mendengar suaranya Romer. Saya ke dapur lihat, tidak ada orang. Terus saya lihat ke tengah lagi, Pak FS (Ferdy Sambo) lagi tembakin dinding, Yang Mulia.”

Sepanjang 12 menit Ricky Rizal menjelaskan soal kronologi penembakan Brigadir J tanpa dipotong oleh pertanyaan hakim.

Hakim Wahyu Iman Santoso lalu memberi respons singkat atas cerita Ricky Rizal soal kronologi pembunuhan Brigadir J.

“Gitu ceritanya?” tanya Hakim Wahyu.

Baca Juga: Terungkap di Sidang, DVR CCTV Rumah Dinas Ferdy Sambo Dimatikan Paksa 26 Kali Sejak Brigadir J Tewas

“Siap, Yang Mulia,” jawab Ricky Rizal.

Bukan mengkritisi keterangannya soal kronologi pembunuhan Brigadir J, Hakim Wahyu justru bertanya kepada Ricky Rizal soal anak dan istrinya.

“Kamu berkorban, mengorbankan masa depan anak-anakmu untuk nutupin ini semua. Sampai hari ini kamu masih mencoba nutupin. Seolah-olah saya percaya dengan cerita kamu, dari tadi saya diamin saja cerita kamu,” kata Hakim Wahyu.

Dalam pernyataannya, Hakim Wahyu Iman Santoso mengaku tahu kapan Ricky Rizal berbohong atau tidak.

“Saya tahu kapan kamu bohong kapan nggak. Cerita kamu nggak masuk di akal semua,” tegasnya.

“CCTV itu loh jelas bukti CCTV. Bagaimana kamu bercerita seperti itu. Tapi di sisi lain kamu ketika diperiksa di Provost bisa menceritakan detil apa yang terjadi, itu kan enggak masuk di akal,” tambahnya.

Baca Juga: Hati Ibu Richard Eliezer Hancur saat Anaknya Menangis dan Ucapkan: Mamak, Saya Sudah Sangat Tersiksa


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Minyak Goreng Curah Mahal dan Langka

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:19 WIB
Close Ads x