Kompas TV regional berita daerah

Warga Karangasem Menjadi Korban Penipuan Umrah

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 13:30 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - 32 Jemaah haji asal Bali menjadi korban penipuan pengawai travel keberangkatan umrah ke tanah suci. 7 Diantaranya merupakan warga asal Karangasem Bali, yang dijanjikan akan diberangkatkan pada 20 November 2022 lalu. Kini, mereka harus menahan kekecewaan yang mendalam setelah dana umrah yang sudah dilunasi sebesar 32 juta rupiah digelapkan oleh pengawai travel. Para jemaah haji merasa ditipu setelah sehari keberangkatan ada salah satu jemaah haji yang mendapatkan informasi bahwa tidak ada nama rombongannya di jadwal keberangkatan umrah.

Saat ini ketujuh jamaah meminta kepada travel dan oknum travel bersangkutan untuk mengembalikan uang mereka secara utuh, karena mereka rata-rata adalah petani dan pedagang keliling dan harus menabung belasan tahun untuk bisa mengumpulkan uang tersebut, untuk kemudian bisa digunakan kembali untuk mendaftar kembali ke travel lainnya, guna mewujudkan mimpinya bisa menginjak tanah suci.

Terkait kejadian tersebut, penelusuran bidang haji dan umrah Dinas Kementerian Agama Karangasem berharap kepada para jamaah agar tetap berhati-hati jika mencari travel untuk umrah,  karena selama ini banyak travel yang menawarkan diri, namun terkait kejadian ini pihak travel sudah berizin resmi namun oknum bersangkutan tidak menyetorkan uang ke perusahaan, sehingga menyebabkan 7 orang jemaah tidak bisa diberangkatkan ke tanah suci.

 

 

 

 

#penipuanumrah   #karangasem   #kemenagkarangasem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x