Kompas TV nasional update

Presiden Jokowi Tegaskan Bantuan Dana untuk Korban Gempa Cianjur Mulai Disalurkan Kamis

Senin, 5 Desember 2022 | 10:15 WIB
presiden-jokowi-tegaskan-bantuan-dana-untuk-korban-gempa-cianjur-mulai-disalurkan-kamis
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers ketika meninjau pengungsian korban gempa Cianjur, Senin (5/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

CIANJUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa penyaluran dana bantuan untuk korban gempa Cianjur akan dimulai pada Kamis (8/12/2022) mendatang.

"Nanti hari Kamis untuk bantuan, yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta juga akan diberikan, hari Kamis mulai diberikan," ujar Presiden Jokowi di Cianjur, Senin (5/12/2022) dipantau dari Breaking News KOMPAS TV.

Bantuan dana korban gempa Cianjur senilai Rp50 juta, Rp25 juta dan Rp10 juta itu, kata Jokowi, akan disalurkan secara langsung maupun melalui tabungan.

"Ini sistemnya sudah disiapkan dan ini saya datang ke sini utk mengecek persiapan itu," ujarnya.

Jokowi menuturkan, bantuan dana tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mulai beraktivitas dan menggerakkan kegiatan ekonomi setempat.

"Sehingga masyarakat mulai ikut beraktivitas membangun rumahnya, membantu membangun rumahnya," jelas Presiden.

"Kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi, itu yang kami harapkan," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi: Relokasi Korban Gempa Cianjur Dimulai Hari Ini

Pagi ini, Presiden datang ke pengungsian korban gempa Cianjur untuk memastikan verifikasi data korban gempa Cianjur penerima bantuan dana telah terlaksana dan segera selesai.

Selain itu, Presiden Jokowi juga datang untuk memastikan pembangunan tempat tinggal dan relokasi para pengungsi gempa Cianjur dimulai hari ini, Senin (5/12).

"Pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa, pertama yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya," jelas Presiden Jokowi.


"Pengungsi tadi semuanya kami lihat sehat, tapi yang paling banyak memang ingin agar pembangunan rumahnya segera dimulai," ujarnya. 

Ia menerangkan, waktu pembangunan area relokasi korban gempa Cianjur belum dapat dipastikan karena banyaknya jumlah kerusakan rumah penduduk. Namun, ia mengatakan bahwa pemerintah ingin cepat memulai dan menyelesaikan pembangunan tersebut.

Di sisi lain, Presiden Jokowi menilai, tidak ada masalah terkait bantuan makanan dan logistik kesehatan bagi pengungsi.

Baca Juga: Update Erupsi Gunung Semeru: Sebagian Pengungsi sudah Kembali ke Rumah

"Saya kira di bawah tidak ada masalah, saya lihat nggak ada masalah," tuturnya.

Bersama sejumlah menteri, Presiden Jokowi meninjau lokasi pengungsian korban gempa Cianjur pada Senin (5/12) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. 

Presiden juga tampak membagikan bingkisan yang dibungkus dalam kantong berwarna merah dan putih.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Proliga Seri Kedua Digelar di Malang

Rabu, 8 Februari 2023 | 20:39 WIB
Close Ads x