Kompas TV regional peristiwa

Detik-detik Mencekam Bus Masuk Jurang di Magetan Diduga Rem Blong, Penumpang Teriak "Ya Allah Gusti"

Senin, 5 Desember 2022 | 08:32 WIB
detik-detik-mencekam-bus-masuk-jurang-di-magetan-diduga-rem-blong-penumpang-teriak-ya-allah-gusti
Kronologi kecelakaan bus masuk jurang di Magetan, Jawa Timur. Mujiono, salah satu korban selamat menceritakan detik-detik kecelakaan bus rombongan pariwisata dari Semarang, Minggu (4/12/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

MAGETAN, KOMPAS.TV - Mujiono, salah satu penumpang selamat menceritakan detik-detik mencekam saat kecelakaan bus pariwisata masuk ke jurang di jalan Cemoro Sewu, Sarangan, Magetan, Jawa Timur.

Kecelakaan yang dialami rombongan wisatawan asal Semarang, Jawa Tengah itu menewaskan 7 orang termasuk sang sopir pada Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Mujiono mengatakan, bus sempat menabrak sebuah kendaraan sebelum akhirnya jatuh ke jurang sedalam 30 meter.

"Udah ada tanda-tanda, dari sana udah nyondol (menabrak-red) mobil tadi. Terus maju lagi, itu remnya blong," ujar Mujiono di RSUD Sayidiman, Magetan, dikutip dari Breaking News Kompas TV, Minggu (4/12).

Baca Juga: Enam Korban Tewas Kecelakaan Bus di Magetan Dipulangkan ke Rumah Duka di Semarang

Mujiono yang mengalami luka ringan mengaku saat kejadian, ia berpegangan erat pada jok kursi di depannya.


 

"Pada (teriak) 'Ya Allah Gusti, Ya Allah Gusti' saya nyingkep jok itu, pegangan sak erat-erate (pegangan seerat-eratnya)," tuturnya.

Kronologi Kecelakaan Bus di Magetan

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV, Hendra Setiawan dari keterangan korban yang selamat, sebelum kecelakaan bus diduga rem tidak berfungsi normal.

"Berdasarkan keterangan korban selamat yang mengalami luka ringan, bus sempat menabrak kendaraan lain di atas, artinya sebelum masuk jurang, dan diduga rem mengalami blong," kata Hendra dalam Breaking News Kompas TV.

Akibatnya, kata Hendra, sopir hilang kendali saat bus melalui jalur yang menurun dan menikung.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Magetan, 31 Orang Luka Berat, 7 Tewas di Lokasi!

"Ketika rem blong, posisi melintasi jalan menurun serta menikung, bus kemudian hilang kendali dan lurus saja hingga masuk ke jurang," kata Hendra.

Hendra mengatakan, diduga saat kejadian, 50 orang yang merupakan wisatawan berhimpit-himpitan di dalam bus sehingga banyak korban luka-luka.

Akibat kejadian tersebut, tujuh orang tewas yakni penumpang bernama Sutarjo (56), Witri Suci (27), Kabul (62), Sukini (58), dan Sumiati (60) dan Wachid (58) serta sang sopir bus, Mochammad Barliyan (52).


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x