Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Wacana "Suntik Mati" KA Argo Parahyangan demi Kereta Cepat, tapi Penumpang Tetap Turun di Padalarang

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 07:30 WIB
wacana-suntik-mati-ka-argo-parahyangan-demi-kereta-cepat-tapi-penumpang-tetap-turun-di-padalarang
Kereta inspeksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung melaju di atas rel untuk pertama kalinya sebagai persiapan uji dinamis untuk G20 Showcase. Muncul wacana penghapusan KA Argo Parahyangan untuk memaksimalkan penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Sumber: PT KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diitargetkan selesai pada Juni 2023. Selama tiga tahun pertama, harga tiket jarak dekat termurah nya adalah Rp125.000 dan harga tiket terjauhnya adalah Rp250.000.

Namun, harga tiket itu masih lebih mahal dari harga KA Argo Parahyangan, yang mengantar penumpang masuk ke dalam kota Bandung. Sedangkan penumpang KCJB hanya sampai Stasiun Tegalluar yang terletak di Padalarang.

Untuk masuk ke dalam kota Bandung, penumpang diarahkan menggunakan KA pengumpan atau feeder. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah KA Argo Parahyangan akan "disuntik mati" agar semua penumpang beralih ke KCJB?

Belum ada kepastian dari pemerintah terkait hal tersebut. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memang sempat menyebut ada opsi tersebut.

"Iya, nanti kita lihat," kata Luhut singkat kepada wartawan, usai menghadiri sebuah acara Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Didesain Tahan Gempa Bermagnitudo 8, Prasarana Tahan Sampai 100 Tahun

Kemudian, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jodi Mahardi menyatakan hal itu masih dalam pembahasan.

"Masih dalam pembahasan (penghentian KA Argo Parahyangan) dengan para pemangku kepentingan," kata Jodi kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2022).

Dihubungi terpisah, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati juga tidak memberikan penegasan bahwa KA Argo Parahyangan bakal di-nonaktifkan.


 

"Saat ini masih kami masih fokus untuk memastikan proyek KA Cepat Jakarta-Bandung selesai sesuai target," ucap Adita.

Sedangkan, Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo menegaskan, apapun keputusan pemerintah nanti, pastinya ditetapkan setelah melakukan kajian yang matang.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.