Kompas TV entertainment selebriti

Jokowi soal Resepsi Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran: Sebetulnya Ada Gedung Sendiri tapi Kepakai

Senin, 5 Desember 2022 | 06:44 WIB
jokowi-soal-resepsi-kaesang-erina-di-pura-mangkunegaran-sebetulnya-ada-gedung-sendiri-tapi-kepakai
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan alasan pernikahan Kaesang-Erina berlokasi di Pura Mangkunegaran (Sumber: Tangkapan layar Youtube Partai Perindo.)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

 

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan sebenernya menggunakan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah untuk pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono.

Presiden Jokowi mengatakan, awalnya pernikahan Kaesang dan Erina di Solo direncanakan berlokasi di gedung Graha Saba Buana di Jalan Letjen Suprapto.

Diketahui, gedung tersebut memang merupakan milik keluarga Jokowi yang sebelumnya digunakan untuk pernikahan anak-anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Pada Mei 2022 lalu, Gedung Graha Saba  Buana juga digunakan untuk melangsungkan pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Maaf Jika Nanti Pernikahan Kaesang-Erina Buat Macet

Namun, untuk pernikahan Kaesang dan Erina, Jokowi mengungkapkan tak bisa menggunakan Gedung Graha Saba Buana karena sudah dipesan oleh orang lain.

"Karena gedungnya kepakai, sebetulnya kita punya gedung sendiri, yang dulu Mas Gibran dan Mbak Kahiyang di situ (pernikahan)," kata Jokowi usai rapat kumbokarnan, Minggu (4/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Oleh karena itu, Jokowi pun mengaku tak bisa seenaknya membatalkan pesanan yang telah dibuat orang lain tersebut.


 

"Mentang-mentang gedung sendiri, langsung disuruh pindah hari atau pindah gedung. Tidak bisa. Memang itu alasan sebenarnya," sebut Jokowi.

Kirab Kereta Kuda

Sebagai informasi, pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran rencananya akan diadakan pada 11 Desember 2022. 

Baca Juga: Menjelang Pernikahan dengan Erina Gudono, Kaesang Masih Dipingit "Kantor" di Jakarta

Pada pagi harinya, Kaesang dan Erina beserta keluarga mempelai akan dikirab dengan naik kereta kuda dari hari Loji Gandrung, menuju Puro Mangkunegaran, melewati Jalan Slamet Riyadi.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudussy mengungkapkan rute yang akan dilalui kirab Kaesang dan Erina.

"Adapun rute kirab diawali mulai depan Lodji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan, Simpang empat Novotel dan seterusnya hingga nanti finish di Gapura Mangkunegaran," ujar Iqbal, Sabtu (3/12/2022)

Adapun beberapa waktu lalu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan ada makanan gratis dan souvenir di sepanjang jalan yang dilalui kirab.

"Nanti di situ ada makanan gratis untuk warga. Souvenir dibagi di situ juga. Sepanjang jalan itu," kata Gibran.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x