Kompas TV olahraga sapa qatar

Lewati Thierry Henry, Olivier Giroud Jadi Top Skor Sepanjang Masa Timnas Prancis

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 01:43 WIB
lewati-thierry-henry-olivier-giroud-jadi-top-skor-sepanjang-masa-timnas-prancis
Pemain Timnas Prancis, Olivier Giroud, merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis dan Polandia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu, 4 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

AL THUMAMA, KOMPAS.TV - Olivier Giroud berhasil mencatatkan rekor sebagai top skor sepanjang masa bagi Timnas Prancis. 

Satu golnya ke gawang Polandia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Al Thumama, Minggu (4/12/2022), menjadi catatan gol ke-52 Giroud untuk Les Blues. 

Jumlah tersebut membuat penyerang AC Milan melampaui rekor yang dimiliki striker legendaris Prancis, Thierry Henry, yang mempunyai 51 gol. 

Dengan mencetak gol pertama untuk Prancis pada Februari 2012 ke gawang Jerman, itu berarti, Giroud butuh waktu 10 tahun lebih untuk memecahkan rekor gol Henry. 

Sebelum datang ke Qatar, Giroud sudah mencatatkan 49 gol bersama Timnas Prancis. Dua golnya ke gawang Australia, yang dimenangkan dengan skor 4-1, di laga pembuka membuatnya menyamai catatan milik Henry. 

Sementara untuk tim yang menjadi paling sering dibobol oleh Giroud adalah Australia dan Islandia, yang masing-masing empat kali dibobolnya. 

Baca Juga: Hasil Prancis vs Polandia: Mbappe 2 Gol, Giroud Pecah Rekor, Les Blues Menang 3-1

Jika dibandingkan Henry, yang saat ini menjadi asisten pelatih Belgia di Piala Dunia, mantan penyerang Barcelona itu butuh waktu 11 tahun dari 1998 hingga 2009 untuk mencetak 51 gol. 

Ia melampaui pemegang rekor sebelumnya, Michel Platini, yang mencetak 41 gol. Rekor legenda tersebut kemudian juga dilampaui Antoine Griezmann yang sekarang punya 42 gol. 

Di bawah keduanya, ada Karim Benzema dengan 37 gol dan David Trezeguet yang mempunyai torehan 34 gol. 

Prestasi Giroud yang menjadi top skor untuk Prancis itu merupakan prestasi kesekian kalinya yang ia persembahkan untuk negaranya. 

Mantan pemain Arsenal dan Chelsea itu menjadi bagian dari tim Prancis yang memenangkan Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu, dan juga terlibat saat Prancis menjadi runner-up di Kejuaraan Eropa pada 2016. 

Dengan statusnya yang masih bermain untuk Prancis, Giroud pun berpeluang untuk mempertajam catatan golnya. Apalagi jika Prancis bisa melaju jauh di ajang Piala Dunia tahun ini. 

Baca Juga: Gacor di Piala Dunia 2022, Virgil Van Dijk Sarankan Cody Gakpo Tolak MU dan Pilih Real Madrid

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x