Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Polda Metro Rilis Kesimpulan Misteri Kematian Satu Keluarga di Kalideres

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 05:25 WIB
hari-ini-polda-metro-rilis-kesimpulan-misteri-kematian-satu-keluarga-di-kalideres
Tampak rumah di perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022), sekeluarga ditemukan tewas dalam hunian tersebut. (Sumber: Kompas.com/MITA AMALIA HAPSAR)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menjanjikan akan merilis kesimpulan kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

Kesimpulan tersebut akan dirilis sebelum HUT ke-73 Polda Metro Jaya. Diketahui, Polda Metro Jaya akan berulang tahun pada 6 Desember pekan ini.

"Hari Senin (5 Desember) mungkin. Pokoknya itu kesimpulan Kalideres diupayakan sebelum HUT Polda Metro Jaya, acara puncaknya itu tanggal 6, kemungkinan hari Senin, tanggal 6 hari Selasa kan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komber Endra Zulpan saat ditemui di acara Olahraga Bersama Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Pihak Polda Metro Jaya, tambah Zulpan, akan mengungkapkan penyebab kematian keluarga tersebut.

Dalam rilis tersebut, semua pihak akan memberikan keterangan. Zulpan menyebut, keterangan akan diberikan dari penyidik yang mendalami kasus, hingga pihak kuasa hukum.

Baca Juga: Analisis Adrianus Meliala, Ada Desperate Death dari Keluarga yang Tewas di Kalideres

Diketahui, kasus keluarga yang tewas di Blok AC5/7 Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis 10 November 2022 lalu meninggalkan misteri.

Pasalnya, hingga kini pihak kepolisian belum bisa mengungkap penyebab kematian satu keluarga tersebut.

Temuan-Temuan Polisi

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi dalam keterangannya menjelaskan, sejauh ini penyidik sudah mengumpulkan sejumlah petunjuk dari pemeriksaan 28 saksi, ahli, hasil autopsi dan forensik terkait penyebab kematian satu keluarga hingga mengering di dalam rumah.

Menurut Hengki dalam kasus penyidik tidak menemukan adanya jejak dari pihak luar di lokasi tempat kejadian perkara.

Dalam olah TKP, seluruh akses masuk ke rumah terkunci dari dalam, sehingga sangat kecil kemungkinan ada pihak luar yang masuk dan melakukan tindak pidana.

"Dari pemeriksaan DNA hasil riksa TKP, olah TKP, tidak ditemukan adanya jejak-jejak adanya pihak luar masuk ke dalam TKP. Baik itu dari jejak-jejak pemeriksaan dari labfor, kunci-kunci yang ternyata memang dikunci dari dalam."

Sehingga Hengki mengartikan, "Sangat kecil kemungkinan adanya tindak pidana di luar daripada kegiatan yang dilakukan oleh empat orang ini di dalam rumah." 

Baca Juga: Temukan Mantra hingga Kemenyan, Polisi Duga Ada Ritual Terkait Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres

Dari proses penyelidikan dan penyidikan, terdapat fakta-fakta yang mengerucut kepada penyebab kematian keempat korban. Salah satunya kecenderungan terhadap ritual-ritual tertentu.
Dari keterangan saksi, salah satu korban diduga memiliki pemahaman soal kegiatan spiritual tertentu.

Di samping itu, penyidik menemukan kemenyan dan tulisan diduga mantra yang mungkin terkait dengan ritual tertentu. Penyidik juga mendapatkan buku berbagai macam agama milik anggota keluarga tersebut.

"Kira-kira apakah perilaku ini yang mengindikasikan mereka sangat tertutup, sangat mencegah hubungan dengan pihak-pihak luar, di luar empat orang ini. Kemudian adanya kecenderungan terhadap ritual-ritual tertentu, apakah ini merupakan suatu motif? Ini yang akan kami dalami lagi," ujar Hengki.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.