Kompas TV olahraga sapa qatar

Jepang vs Kroasia: Jepang Bangkitkan Spirit Samurai di 16 Besar Piala Dunia 2022, Kroasia Waspada

Kompas.tv - 5 Desember 2022, 01:05 WIB
jepang-vs-kroasia-jepang-bangkitkan-spirit-samurai-di-16-besar-piala-dunia-2022-kroasia-waspada
Pemain Timnas Jepang, Kaoru Mitoma, tampak menahan bola di atas garis sebelum melakukan tendangan silang ke gawang Spanyol dalam laga grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022 atau Jumat WIB. (Sumber: AP Photo/Petr David Josek)

DOHA, KOMPAS.TV - Bek veteran Timnas Jepang, Yuto Nagatomo menegaskan pihaknya akan membangkitkan "spirit samurai" untuk menghadapi pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022 lawan Kroasia. Pertandingan Jepang vs Kroasia sendiri dijadwalkan di Stadion Al-Janoub, Doha, Qatar, Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Nagatomo menyebut skuad Samurai Biru mesti menunjukkan "keberanian" ketika menghadapi runner-up Piala Dunia 2018 tersebut.

"Coraggio (keberanian). Kami mesti bermain dengan keberanian," kata eks Inter Milan itu dikutip Associated Press, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Hanya Terpisah Sekian Milimeter dari Eliminasi, Kemenangan Jepang Disebut Mirip Skenario Anime

Jepang sendiri tampil di fase gugur keempat mereka sepanjang sejarah Piala Dunia. Anak asuh Hajime Moriyasu sukses lolos sebagai juara Grup E Qatar 2022 yang berisi tim tangguh seperti Spanyol dan Jerman.

Walaupun dikalahkan Kosta Rika, Jepang sukses menjungkalkan Jerman dan menang dramatis atas Spanyol di partai terakhir untuk merebut pos juara Grup E.

Nagatomo mengumpamakan kampanye Jepang di Qatar 2022 seperti perjuangan samurai. Sang pemain mengaku timnya berupaya melaju lebih jauh usai disingkirikan Belgia di babak 16 Besar pada Piala Dunia 2018 lalu.

"Mereka (samurai) berupaya meningkatkan teknik mereka. Namun, jika mereka takut selama pertempuran, mereka tidak akan bisa menggunakan senjata dan teknik mereka sepenuhnya," kata Nagatomo.

Sementara itu, gelandang Kroasia, Lovro Majer mengaku salut dengan Jepang yang sukses mengalahkan dua tim kuat untuk lolos ke fase gugur. Ia pun meyakini pertandingan Jepang vs Kroasia akan berlangsung sengit bagi kedua pihak.

"Mereka (Jepang) menunjukkan bahwa bukanlah nama yang terpenting di sepak bola hari ini, melainkan jiwa, keberanian. Dan mereka pantas lolos dan telah menunjukkan kualitas mereka," kata Majer.

Baca Juga: Alasan FIFA Sahkan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Bikin Jerman Pulang Kampung


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x