Kompas TV regional peristiwa

Jokowi Buka-bukaan Pura Mangkunegaran Jadi Pilihan Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 20:00 WIB
jokowi-buka-bukaan-pura-mangkunegaran-jadi-pilihan-lokasi-pernikahan-kaesang-erina
Presiden Joko Widodo usai melakukan rapat pernikahan Kaesang-Erina, Minggu (4/12/2022) di Solo, Jawa Tengah. (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono telah memasuki tahap akhir.

Pernikahan keduanya rencananya akan digelar di Pendopo Puro Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah.

Pemilihan tempat tersebut menjadi pertanyaan karena biasanya acara keluarga Jokowi digelar di Graha Saba Buana di Jalan Letjen Suprapto, Solo. 

Jokowi mengungkapkan alasan tak digunakannya gedung serbaguna milik keluarga jadi tempat pernikahan Kaesang-Erina karena sudah dipesan orang lain.

Baca Juga: Kaesang akan Hadiri Acara Midodareni dan Nyantrik di Rumah Erina Gudono, Apa Itu?

"Karena gedungnya kepakai. Sebetulnya kita punya gedung sendiri, yang dulu Mas Gibran dan Mbak Kahiyang di situ (pernikahan), tapi sudah di-booking masyarakat yang lain," kata Jokowi ketika menemui wartawan, Minggu (4/12/2022).

Kepala Negara mengatakan meski itu gedung milik keluarga, pihaknya tak bisa seenaknya mengubah jadwal seseorang yang sudah melakukan pemesanan.

"Mentang-mentang gedung sendiri, langsung disuruh pindah hari atau pindah gedung. Tidak bisa. Memang itu alasan sebenarnya," tutur Jokowi terkekeh.

Puro Mangkunegaran merupakan tempat tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Rencananya kegiatan di tempat tersebut berlangsung pada Sabtu (11/12) mendatang.

Baca Juga: Menengok Antusiasme Warga Pasang Spanduk "Ndherek Mangayubagyo" Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Saat menuju Puro Mangkunegaran dari Loji Gandrung, kedua pengantin akan diarak lewat Jalan Slamet Riyadi.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan masyarakat tetap bebas beraktivitas dalam kegiatan car free day di lokasi tersebut.

"Sudah lama instruksikan pedagang, yang biasanya jualan, jualan saja. Mungkin ada yang beberapa yang disterilkan untuk keamanan," tuturnya, Kamis (1/12) lalu.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x