Kompas TV regional peristiwa

Update Gempa Cianjur, 8 Orang Masih Belum Ditemukan, Pencarian Berlanjut

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:47 WIB
update-gempa-cianjur-8-orang-masih-belum-ditemukan-pencarian-berlanjut
Jenazah ayah dan anak korban gempa Cianjur ditemukan tertimbun tanah sedalam 5 meter di Desa Cijedil, Kab. Cianjur, Jawa Barat (28/11/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIANJUR, KOMPAS.TV - Pencarian korban yang masih hilang pascagempa berkekuatan M 5,6 yang melanda di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) terus berlanjut.

Terbaru, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Cecep S Alamsyah mengatakan pihaknya belum menemukan 8 orang yang masih dilaporkan hilang.

"Belum ditemukan korban yang hilang. Jadi korban yang masih dalam pencarian 8 jiwa," tuturnya dalam konferensi pers, Minggu (4/12/2022).

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Cianjur mengusulkan operasi pencarian korban gempa diperpanjang selama tiga hari. Hal ini dilakukan untuk melakukan pencarian 8 korban yang diduga masih tertimbun.

"Terkait dengan pencarian korban hilang, kami telah mengusulkan kepada Basarnas untuk diperpanjang lagi selama tiga hari setelah sebelumnya sudah ada 2 kali perpanjangan," jelas Cecep dalam konferensi Sabtu (3/12) kemarin.

Baca Juga: BNPB & BRIN Temukan 10 Titik Bendung Alam dari Tanah Longsor Akibat Gempa Bumi Cianjur!

Cecep mengatakan operasi pencarian terus dilakukan hingga seluruh korban bisa ditemukan.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan telah terjadi sebanyak 384 kali gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat per Minggu (4/12/2022).

"Berdasarkan data dari BMKG gempa susulan per 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB, terjadi 384 kali. Catatan terakhir 379 kali," tutur Cecep, Minggu.

Sementara rumah yang dilaporkan mengalami rusak berat juga bertambah menjadi 8.151.

Baca Juga: Tercatat Masih Ada 8 Korban Hilang Akibat Gempa Bumi Cianjur, Sampai Mana Proses Pencarian?

"Bertambah menjadi 7.817 menjadi 8.151, itu yang terverifikasi," jelasnya.

Untuk rumah yang mengalami rusak sedang dari yang sebelumnya 10.589 menjadi 11.210. Kemudian untuk rumah yang mengalami rusak ringan dari 17.195 menjadi 18.469.

Pencarian pada hari ini juga belum menemukan korban hilang. Sehingga catatan korban hilang yang menjadi pencarian pada tragedi gempa Cianjur masih 8 orang.

"Untuk luka berat masih 593 orang dan yang dirawat di rumah sakit masih 49 orang," jelasnya.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x