Kompas TV regional peristiwa

Gunung Semeru Erupsi, BNPB Sebut 1.979 Orang Mengungsi

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 18:03 WIB
gunung-semeru-erupsi-bnpb-sebut-1-979-orang-mengungsi
Seorang pria menatap saat Gunung Semeru mengeluarkan material vulkanik dalam erupsi yang terjadi Minggu, 4 Desember 2022 di Lumajang, Jawa Timur. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan sebanyak 1.979 jiwa mengungsi sebagai imbas dari erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/2022). 

 

Seperti diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunungapi Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas).

"Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah terjadi Awan Panas Guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunungapi Semeru," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Minggu. 

Muhari menyebutkan sepuluh titik pengungsian yakni SDN 4 Supiturang (266 jiwa), Balai Desa Oro-oro Ombo (217 jiwa), SDN 2 Sumberurip (119), Balai Desa Sumberurip (228 jiwa), Balai Desa Penanggal (131 jiwa).

Kemudian Pos Gunung Sawur (52 jiwa), Balai Desa Pasirian (216 jiwa), Lapangan Candipuro (150 jiwa), Kantor Kecamatan Candipuro (600 jiwa) dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo.

Sejumlah desa juga terdampak awan panas guguran (APG) erupsi Gunung Semeru.

Wilayah yang terdampak meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian.

Baca Juga: Status Semeru Naik ke Level 4, Warga Diminta Waspadai Potensi Awan Panas di Sungai dan Lembah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x