Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ternyata 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membantu Mengurangi Lemak Perut

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 16:08 WIB
ternyata-5-kebiasaan-sederhana-ini-bisa-membantu-mengurangi-lemak-perut
Ilustrasi. Ada 5 kebiasaan mudah dan sederhana yang jika rutin dilakukan, dapat mengurangi berat badan dan lemak perut. (Sumber: Antara/Shutterstock)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Ada 5 kebiasaan mudah dan sederhana yang jika rutin dilakukan, dapat mengurangi berat badan dan lemak perut.

Tidak jarang orang-orang melakukan diet ketat yang cukup merepotkan untuk menurunkan berat badan, atau sekadar mengurangi lemak di perut.

Dikutip dari Eat This, mengonsumsi makanan bergizi dan menjalani gaya hidup aktif sangat penting dalam upaya menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Menurut Harvard Health Publishing, lemak perut yang berlebih alias lemak visceral bisa menjadi racun bagi kesehatan, dan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Lemak visceral terletak cukup jauh di dalam perut, dan Anda tidak dapat mencubitnya, tetapi dapat melihatnya.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh lemak tersebut antara lain, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Cegah Obesitas, Mahasiswa Polines Semarang Ciptakan Sendok Penghitung Kalori

Berikut 5 kebiasaan mudah dan sederhana yang dapat membantu mengurangi lemak perut:

1. Batasi makanan tinggi kalori dan minuman manis

Sebagian orang sepakat bahwa suguhan dan minuman manis memang terasa enak. Tapi, mengonsumsinya secara berlebihan, bukan hal yang baik untuk kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan School of Public Health menekankan pentingnya menjauhi makanan manis yang dikaitkan dengan timbunan lemak yang lebih besar di perut dan di sekitar jantung Anda.

Ingat, penurunan dan pengelolaan berat badan juga dipengaruhi oleh konsumsi kalori dan kalori yang Anda bakar.

Menurut Harvard Health Publishing, membatasi konsumsi kalori adalah bagian penting dari proses menurunkan berat badan.

Penelitian juga menyatakan bahwa untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, Anda harus menggunakan lebih banyak energi daripada yang dikonsumsi.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan hal penting dalam diet dan menjaga berat badan. Sebab, serat dalam buah dan sayuran segar dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Bukan hanya itu, serat dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan penyakit jantung, serta mencegah sembelit, menurut Mayo Clinic.



Sumber : Kompas TV/Eat This

BERITA LAINNYA



Close Ads x