Kompas TV nasional update

Data Dampak Gempa Pemkab Garut: Empat Rumah dan Satu Sekolah Rusak

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 10:22 WIB
data-dampak-gempa-pemkab-garut-empat-rumah-dan-satu-sekolah-rusak
Titik lokasi gempa Garut yang terjadi pada Sabtu (3/12/2022) sore. (Sumber: BMKG)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

GARUT, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan tingkat kerusakan dampak gempa Garut yang terjadi pada Sabtu (3/12/2022) sore.

"Kami sudah berkoordinasi, saya dengan Kapolres dan Dandim untuk melakukan langkah di lapangan, pendataan, asesmen," kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Minggu (4/12/2022) dilansir dari Antara.

Ia mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi di Garut pada hari Sabtu pukul 16.49 WIB itu dirasakan sebagian besar masyarakat Garut dan sempat menyebabkan kepanikan warga. Sebagian masyarakat yang panik itu khawatir gempa Garut akan seperti kejadian gempa di Cianjur.

Setelah kejadian gempa, Bupati Garut menginstruksikan langsung jajaran dinas terkait terutama BPBD, kemudian para camat untuk segera memberikan laporan apa saja yang rusak maupun dampak lainnya dalam kejadian bencana itu dan memastikan tidak ada korban jiwa.

"Kami juga ke daerah terdampak di Kecamatan Bungbulang sudah dicek, dan semuanya sudah memberikan laporan pada camat, hampir semua kepala desa, terutama yang ada di Garut bagian selatan yang dekat dengan laut itu tidak ada korban jiwa," kata dia.

Baca Juga: BMKG Tegaskan Gempa Garut Tak Berkaitan dengan Cianjur, Ini Penjelasannya

Ia mengatakan laporan sementara dampak kejadian gempa itu ada beberapa rumah yang retak-retak, begitu juga bangunan sekolah rusak yang saat ini tingkat kerusakannya masih diperiksa oleh petugas di lapangan.

"Ada rumah yang retak-retak, ada yang plafonnya roboh, ada beberapa sekolah yang rusak. Kini sedang diasesmen," kata Rudy.

Sebelumnya, Kepala  Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan, gempa Garut menyebabkan empat rumah dan satu unit sekolah mengalami kerusakan. 

Selain itu, satu warga di Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi dilaporkan mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x