Kompas TV regional berita daerah

Soft Launching KA Datuk Belambangan Lintas Tebing Tinggi-Lalang

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 09:46 WIB
soft-launching-ka-datuk-belambangan-lintas-tebing-tinggi-lalang
Vice President PT. KAI (Persero) Divre I Sumatera Utara Yuskal Setiawan bersama Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Sumbagut Dandun Prakosa melakukan pemecahan guci berisi air kembang di depan lokomotif KA Datuk Belambangan. (Sumber: -)
Penulis : KompasTV Medan

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) bersama Divre I Sumatera Utara melakukan soft launching Kereta Api Datuk Belambangan Lintas Tebing Tinggi- Lalang, Jumat 2 Desember 2022.

Jalur kereta api ini dibangun dengan sumber dana APBN melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Soft Launching ditandai dengan pemecahan guci berisi air kembang di bagian depan lokomotif kereta api oleh Vice President PT. KAI (Persero) Divre I Sumatera Utara Yuskal Setiawan bersama Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Sumbagut Dandun Prakosa.

Selanjutnya, dilakukan perjalanan pertama kereta api Datuk Belambangan dari Stasiun KA Tebing Tinggi menuju Stasiun Lalang, dilanjutkan acara doa bersama serta pemotongan tumpeng di Stasiun Lalang sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT atas pengoperasian KA Datuk Belambangan.

Pengoperasian KA Datuk Belambangan sangat dinantikan oleh masyarakat, lintas yang dilayani yaitu Tebing Tinggi - Lalang dan sebaliknya dengan harga tiket Rp.5.000/orang untuk satu kali perjalanan menggunakan kereta api lokomotif CC K3Premium yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia dan Divisi Regional I Sumatera Utara.

Adapun layanan fasilitas KA tersebut adalah,

- Pengaturan tempat duduk, 80 tempat duduk disusun 2-2, reclining and revolving seat, saling berhadapan ke kanan dan berhadapan ke kiri

- Fasilitas observasi, kaca panorama dupleks, dengan tirai, lapisan laminasi isolator panas.

- Fasilitas lain, lampu baca, toilet, alat pemadam api ringan, rem darurat, penyejuk udara, peredam suara.

Dengan beroperasinya KA Datuk Belambangan ini diharapkan mampu meningkatkan dan memberikan kemudahan mobilitas masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Pembangunan Jalur Kereta Api ini juga mendukung angkutan logistik di lintas Sei Mangkei - Pelabuhan Kuala Tanjung yang merupakan Proyek Strategis Nasional sebagaimana diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Pengoperasian KA Datuk Belambangan ini sebagai bukti nyata kinerja dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara untuk mendukung konektivitas perkeretaapian di wilayah Sumatera Utara. (*)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x