Kompas TV nasional update

Gempa Terkini: Kekuatan M 4,2 Kedalaman 10 Kilometer Guncang Cianjur dan Sejumlah Wilayah Pagi Ini

Minggu, 4 Desember 2022 | 06:04 WIB
gempa-terkini-kekuatan-m-4-2-kedalaman-10-kilometer-guncang-cianjur-dan-sejumlah-wilayah-pagi-ini
Gempa bumi mengguncang wilayah Cianjur dan beberapa daerah lain di Provinsi Jawa Barat, Minggu (4/12/2022) pukul 05.01 WIB. (Sumber: BMKG)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

CIANJUR, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,2 dengan kedalaman 10 Kilometer (Km) mengguncang wilayah Cianjur dan beberapa daerah lain di Provinsi Jawa Barat, Minggu (4/12/2022) pagi.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa terletak di 8 Km barat laut Kabupaten Cianjur. 

Titik koordinat pusat gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.01 WIB ini terletak di 6,8 Lintang Selatan dan 107,06 Bujur Timur.

Melansir dari situs BMKG, gempa tersebut terjadi di darat dan termasuk gempa dirasakan di wilayah Cianjur, Sukabumi, dan Pamoyanan.

Menurut BMKG, dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan bisa jadi belum akurat.

Parameter gempa bumi tersebut perlu dianalisis ulang oleh seismologist.

Baca Juga: Antisipasi Gempa Susulan, BPBD Garut Sosialisasikan Titik-Titik Kumpul untuk Evakuasi

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, telah terjadi 378 kali gempa susulan di Cianjur hingga Sabtu (3/12) pagi.

"Update gempa susulan Cianjur sampai dengan Sabtu 3 Desember 2022 pukul 07.00 WIB terjadi 378 kali gempa. Kekuatan melemah dan frekuensi makin jarang," tulisnya melalui Twitter @DaryonoBMKG, Sabtu (3/12).


 

Di sisi lain, banyak warganet yang mengaku merasakan gempa bumi di wilayah lain di Jawa Barat. Mereka mengungkapkan pengalaman merasakan gempa tersebut melalui media sosial Twitter.

Beberapa warganet mengaku merasakan gempa bumi pagi ini di antaranya di wilayah Bogor dan Bandung.

Baca Juga: BMKG Ungkap Alasan Banyak Gempa Susulan di Cianjur, Imbau Masyarakat Hindari Kawasan Perbukitan

 


Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Satu Warga Ditembak KKB di Intan Jaya

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:11 WIB
Close Ads x