Kompas TV internasional kompas dunia

10 Fakta B-21 Raider, Pengebom Nuklir Canggih Terbaru AS, Paling Siluman di Antara Pesawat Siluman

Kompas.tv - 4 Desember 2022, 01:05 WIB
10-fakta-b-21-raider-pengebom-nuklir-canggih-terbaru-as-paling-siluman-di-antara-pesawat-siluman
Pengebom Strategis Jarak Jauh dan Siluman B-21 Raider diklaim mampu menembus pertahanan siapapun dan memberikan serangan presisi di manapun di dunia. B-21 Raider adalah pesawat pembom Amerika baru pertama dalam lebih dari 30 tahun. Hampir setiap aspek program dirahasiakan. (Sumber: Northrop Grumman)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

PALMDALE, KOMPAS.TV — Jet pengebom siluman nuklir terbaru Amerika Serikat (AS) akhirnya dipamerkan pada Jumat (2/12/2022), setelah bertahun-tahun pengembangan rahasia.

Peluncuran pengebom canggih itu merupakan bagian dari jawaban Pentagon atas meningkatnya kekhawatiran atas konflik di masa depan dengan China.

B-21 Raider adalah pesawat pengebom AS baru pertama dalam lebih dari 30 tahun. Hampir setiap aspek dari program ini diklasifikasikan dan diklaim sebagai pengebom siluman tercanggih yang dimiliki AS.

Saat malam tiba di Plant 42 Angkatan Udara (AU) AS di Palmdale, publik melihat Raider untuk pertama kalinya dalam upacara yang dikontrol ketat.

Peluncuran itu dimulai dengan terbangnya tiga pengebom yang masih beroperasi: B-52 Stratofortress, B-1 Lancer, dan B-2 Spirit. Kemudian pintu hanggar perlahan terbuka, dan B-21 ditarik sebagian keluar gedung.

“Ini bukan sekadar pesawat biasa,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin. “Ini adalah perwujudan tekad AS untuk mempertahankan republik yang kita semua cintai.”

Dikirim ke AU AS, B-21 sekarang bergabung dengan triad strategis negara sebagai pencegah yang terlihat dan fleksibel, mendukung tujuan keamanan nasional dan meyakinkan sekutu dan mitra bangsa.

B-21 Raider diklaim mampu menembus pertahanan terberat dan memberikan serangan presisi di mana pun di dunia.

Baca Juga: Ini Kemampuan Mengerikan B-21 Raider, Pengebom Siluman Canggih Terbaru Militer AS

Berikut 10 fakta penting B-21 Raider menurut pembuatnya, Northrop Grumman.

1. Generasi ke-6

B-21 Raider mendapat manfaat dari lebih dari tiga dekade teknologi serangan dan siluman. Ini adalah evolusi berikutnya dari armada pengebom strategis AU AS. Dikembangkan dengan teknologi siluman generasi berikutnya, kemampuan jaringan canggih, dan arsitektur sistem terbuka, B-21 dioptimalkan untuk lingkungan ancaman kelas atas. Ini akan memainkan peran penting dalam membantu AU AS memenuhi misinya yang paling kompleks.

2. Paling siluman di antara pesawat siluman

Northrop Grumman terus memajukan teknologi, menggunakan teknik dan material manufaktur baru untuk memastikan B-21 akan mengalahkan sistem anti-akses, dan penyangkalan wilayah udara yang akan dihadapinya.

3. Tulang punggung armada

B-21 Raider membentuk tulang punggung kekuatan udara AS di masa depan. B-21 akan menghadirkan era baru kemampuan dan fleksibilitas melalui integrasi data, sensor, dan senjata yang canggih. Mampu mengirimkan muatan konvensional dan nuklir, B-21 akan menjadi salah satu pesawat paling efektif di angkasa, dengan kemampuan untuk menggunakan berbagai macam amunisi serangan langsung dan stand-off.

4. Pengebom digital



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Nothrop Grumman


BERITA LAINNYA



Close Ads x