Kompas TV entertainment selebriti

Luhut Pantau Persiapan Pernikahan Kaesang - Erina

Kompas.tv - 3 Desember 2022, 20:45 WIB
luhut-pantau-persiapan-pernikahan-kaesang-erina
Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mendatangi kediaman calon mantu Presiden Joko Widodo, Erina Sofia Gudono pada Sabtu (3/12/2022) petang. (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan Sabtu petang mendatangi rumah calon mantu Presiden Joko Widodo, Erina Sofia Gudono. 

Saat tiba, Luhut terlihat satu mobil bersama ibu Erina, Sofiatun Gudono. 

Sebelumnya, Luhut dan Sofia memantau persiapan di Pendopo Royal Ambarrukmo, yang menjadi lokasi akad nikah Kaesang dan Erina, 10 Desember mendatang.

Di rumah Erina, Luhut melakukan pertemuan tertutup dengan sejumlah orang dari pihak keluarga mempelai wanita. 

Baca Juga: Pendopo Royal Ambarrukmo Jadi Lokasi Akad Nikah Kaesang-Erina, Ada 1 Ruangan yang Tak Boleh Dimasuki

Paman Erina, Muhaimin, menyebut pertemuan itu hanyalah sebatas kordinasi jelang hari akad nikah, dikarenakan Luhut adalah penasehat pernikahan Kaesang dan Erina. 

"Pak Luhut sebagai penasihat tentu memonitor stafnya apakah berjalan dengan baik kerjanya. Alhamdullilah berjalan dengan baik, sudah," tegas Muhaimin saat ditemui di kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022).

Usai bertemu keluarga Erina, Luhut kemudian meninggalkan kampung Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, tanpa memberikan komentar sepatah kata pun kepada awak media.

Sementara itu, proses pendirian tenda di rumah Erina jelang hari pernikahan, terus dilakukan oleh pihak wedding organizer

Jika sebelumnya tenda hanya terpasang di depan rumah Erina, namun pada Sabtu petang, lahan yang digunakan untuk mendirikan tenda terus bertambah, bahkan terpasang penuh di badan jalan kampung sejauh 50 meter.

Baca Juga: Calon Pengantin Kaesang-Erina juga akan Jalani Tata Cara Nyantrik, Apa itu?

Kediaman Erina sendiri akan digunakan untuk upacara adat atau acara pokok. Pada 7 Desember 2022, digelar acara tonjokan atau gelaran hajatan berupa tasyakuran dengan memberikan berkat ke tetangga.

"Kalau untuk acara besok, ini adalah kediaman utama yang digunakan untuk acara adat, acara pokok," jelas Dani Wigung, dikutip dari Tribun Jogja, Kamis (1/12).

Kemudian pada 8 Desember digelar pengajian dan pembacaan Al-Qur'an hingga pemasangan dekorasi berupa janur atau bleketepe.

Lalu pada Jumat, 9 Desember, akan ada proses siraman dan malam midodareni yang rencananya akan dihadiri oleh Jokowi hingga GKR Hemas.

(Michael Aryawan)


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x